PENDAMPINGAN PERGURUAN TINGGI UPAYA PERCEPATAN PENURUNAN STUNTING

TUMBANG RUNGAN
Dipublikasi pada 13 September 2023

Deskripsi

PENDAMPINGAN PERGURUAN TINGGI UPAYA PERCEPATAN PENURUNAN STUNTING

 

 

Dalam rangka optimalisasi pencegahan dan penurunan angka Stunting, BKKBN melaksanakan kolaborasi lintas sektor dengan upaya pendampingan perguruan tinggi bersama Universitas Palangka Raya terhadap percepatan penurunan stunting di Kampung Keluarga Berkualitas Kelurahan Tumbang Rungan,

Perguruan tinggi mempunyai peran yang sangat penting dan strategis untuk membantu mengatasi permasalahan stunting yang terjadi di Indonesia. “Peran perguruan tinggi menjadi sangat penting dan strategis, karena Bangsa kita masih tercatat dalam bagian wilayah stunting, yang masuk lebih dari 30 persen. Ada 4 wilayah tertinggi angka stuntingnya, yaitu NTT, Sulawesi Barat, NTB dan Aceh..

Perguruan tinggi dapat membantu pemerintah untuk memberikan pendampingan kepada keluarga yang beresiko stunting, sehingga ibu-ibu dapat melahirkan bayi yang sehat melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi. Berdasarkan Perpres Nomor 72 Tahun 2021 sebagai pedoman turunan dalam pelaksanaan Rencana Aksi Nasional Percepatan Penurunan Stunting (RAN PASTI), Perguruan Tinggi termasuk didalam struktur sebagai Koordinator Monitoring Evaluasi Percepatan Penurunan Stunting. Salah satu peran Perguruan Tinggi adalah turut membantu masyarakat terutama pada pemenuhan gizi yang sehat, beragam dan seimbang.

Stunting merupakan salah satu tantangan besar dalam upaya pembangunan sumber daya manusia untuk mewujudkan generasi unggul dan berkualitas. Kendati hasil Studi Kasus Gizi Indonesia (SSGI) Tahun 2021 menunjukkan terjadi penurunan angka prevalensi stunting dari 27,7% pada 2019 menjadi 24,4% pada 2021, angka tersebut masih cukup tinggi mengingat WHO menetapkan standar angka stunting di sebuah negara setidaknya berada di bawah angka 20%. Dengan angka prevalensi stunting 24,4%, artinya 6 juta dari 23 juta anak Indonesia mengalami gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak.

 

 

Sesi Kegiatan Kasih Sayang

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan