Rapat Kegiatan Kelompok Kerja Kampung KB Sakinah Desa Pakumbulan
SAKINAH
Dipublikasi pada 26 August 2020
Deskripsi
PERTEMUAN POKJA KAMPUNG KB DESA PAKUMBULAN KECAMATAN BUARANKABUPATEN PEKALONGAN
I. Pelaksanaan :
Hari / Tanggal : Rabu / 26 Agustus 2020
Jam : 08.00 WIB s/d Selesai
Tempat : GOR “Sidokaryo” Desa Pakumbulan
II. Peserta :
1. Camat Buaran
2. Ka. Desa dan Pokja Kampung KB
3. Korlap dan Penyuluh KB Kec. Buaran
3. Ketua Kelompok dan anggota PIK R Cahaya
II. Pembicara :
1. Camat Buaran
2. Kepala Desa Pakumbulan
3. Forum Genre Dinas PMD P3A dan PPKB Kab. Pekalogan
III. Hal- hal yang disampaikan :
1. Camat Buaran
Bp. Ti Adi Suhirnarno, menyampaikan bahwa Pusat Informasi dan Konseling Remaja/Mahasiswa adalah salah satu wadah yang dikembangkan dalam program GenRe, yang dikelola dari, oleh dan untuk Remaja/Mahasiswa guna memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang pendewasaan usia perkawinan, delapan fungsi keluarga, TRIAD KRR (seksualitas, HIV dan AIDS serta Napza), keterampilan hidup (life skills), gender dan keterampilan advokasi dan KIE.
Berdasarkan pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa PIK R/M merupakan suatu kegiatan yang dikelola, dari, oleh, dan untuk remaja supaya memberikan pelayanan informasi dan konseling yang bermanfaat mengenai rencana kehidupan berkeluarga remaja. Kemudian PIK R/M bertujuan umumnya untuk memberiikan informasi yang bermanfaat untuk para remaja seperti tentang informasi Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja (PKBR), Pendewasaan usia perkawinan.
PIK R/M diperlukan karena PIK R/M merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam kehidupan remaja di masa sekarang dan di masa depan. Hal tersebut dikarenakan remaja adalah generasi penerus bangsa yang diharapkan untuk mengubah kehidupan yang lebih baik dan menjadi penurus bangsa yang hebat.
2. Kepala Desa Pakumbulan
Kegiatan Kampung KB yang telah berjalan secara rutin akhir-akhir ini tidak bisa berjalan seperti biasanya karena kita tahu dengan adanya wabah Covid 19, atau Corona hampir seluruh aktivitas keorganisasian masyarakat berhenti secara total untuk memutus rantai penyebarannya.
Meskipun sekarang telah diperbolehkan kembali untuk beraktifitas kita tetap dan selalu mematuhi himbauan dan aturan pemerintah dalam menjalankan segala bentuk kegitan yaitu sesuai dengan standard protokol kesehatan.
Pokja harus selalu memberikan bimbingan kepada seksi kegiatan dan warga masyarakat untuk lebih berfikir inovatif dan peka terhadap lingkungan, sering bertemu dan berdiskusi dengan warga, tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk mencari hal terbaik bagi desanya.
4. Forum Genre Dinas PMD P3A dan PPKB Kab. Pekalogan
Forum Genre Kabupaten pekalongan sebagai Motor dan Fasilitator kegiatan PIK R/M ditingkat kabupaten memberikan pembinaan dan arahan kepada Pokja Kampung KB untuk dapat merevitalisasi dan meningkatkan tahapan PIK R/M untuk mencapai tahapan yang paling ideal dalam organisasi PIK R/M, sehingga diterangkan semua tahapan yang harus di lalui dan apa saja yang harus di laksanakan.
Tujuan dibentuknya PIK Remaja di Kalangan Masyarakat terutama di Desa-desa, Sekolah, Unversitas dan lain- lain yaitu:
1. Meningkatkan kualitas mengenai pelayanan PIK R supaya terlaksana dengan baik.
2. Meningkatkan keterampilan para remaja
3. Meningkatkan pengetahuan tentang risiko Seksualitas, NAPZA, HIV, dan AIDS (TRIAD KKR), kesehatan Reproduksi Remaja, dan median usia kawin pertama perempuan.
4. Menumbuhkan rasa solidaritas remaja terhadap remaja lainnya.
5. Sebagai wadah untuk para remaja apabila memiliki keterampilan.
6. Sebagai solusi untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh para remaja.
Selain tujuan di atas yang paling utama adalah menjadikan para remaja yang memiliki Kreatif, inovatif, produktif dan terampil dalam menghadapi kehidupan sekarang yang sudah modern.
Pengurus PIK Remaja diantarannya adalah sebagai berikut:
1. Penanggungjawab
2. Penasehat
3. Pembina
4. Ketua PIK Remaja
5. Sekretaris
6. Bendahara
7. Seksi Program dan kegiatan
8. Pendidik Sebaya Minimal 2 orang dan minimal 2 orang Pendidik Sebaya yang sudah dilatih atau sudah mengikuti pelatihan tentang substansi Program GenRe (8 Fungsi Keluarga, PUP (Pendewasaan Usia Perkawinan), TRIAD KRR, dan Keterampilan Hidup).
9. Konselor Sebaya.
Tahapan dalam PIK R/M adalah sebagai berikut:
1. Tahap Tumbuh
a) Di dalam lingkungan PIK R/M
b) Bentuk aktifitas bersifat penyadaran (KIE) di dalam PIK R/M
c) Menggunakan media cetak (majalah dinding, leaflet, poster, dll)
d) Melakukan pencatatan dan pelaporan rutin.
Materi yang harus dikuasai :
Materi khusus yang dikuasai oleh Pengelola/Pendidik dan Sebaya (PS) adalah 8 Fungsi Keluarga, Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP), TRIAD KRR dan Keterampilan hidup (Life Skills). Selanjutnya Sarana dan Prasarana ada Ruang Sekretariat, Memiliki papan nama dengan ukuran minimal 60x90 cm.
2. Tahap Tegak
a) Di dalam dan di luar PIK R/M dengan bentuk aktifitas pemberian informasi baik di dalam PIKR/M maupun di luar PIK R/M misalnya melalui dialog interaktif di radio dan TV, penyuluhan dan pembinaan, konseling, penyelenggaraan seminar, roadshow ke sekolah lain, pameran, pentas seni dan lain-lain.
b) Menggunakan media cetak dalam penyampaianinformasi atau isi pesan program GenRe misalnya melalui majalah dinding, leaflet, poster dan elektronik misalnya radio, televisi, dan website
c) Melakukan pencatatan dan pelaporan rutin
Materi yang harus dikuasai :
Materi khusus yang dikuasai oleh Pengelola/Pendidik Sebaya (PS)/Konselor Sebaya (KS) adalah 8 Fungsi Keluarga, Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP), TRIAD KRR, Keterampilan hidup (Life Skills), Keterampilan advokasi dan KIE. Sarana dan Prasarana pada tahap ini ada Ruang Sekretariat dan Ruang Konseling Memiliki papan nama dengan ukuran minimal 60x90 cm.
3. Tahap Tegar
a) Di dalam dan di luar PIK R/M dengan bentuk aktifitas pemberian informasi baik di dalam PIK R/M maupun di luar PIK R/M misalnya melalui dialog interaktif di radio dan TV, penyuluhan dan pembinaan, konseling, penyelenggaraan seminar, roadshow ke wilayah lain, pameran, pentas seni dan lain-lain.
b) Menggunakan media cetak misalnya majalah dinding, leaflet, poster dan elektronik misalnya radio, televisi, dan website.
c) Melakukan kegiatan yang dapat menarik minat remaja untuk datang ke PIK R/M misalnya jambore remaja, lintas alam/outbond, bedah buku, bedah film, bimbingan belajar siswa, kegiatan ekonomi produktif, kegiatan kesenian dan olahraga, lomba-lomba, bercocok tanam, beternak dsb. Melakukan pelayanan lain sesuai kebutuhan remaja (pemeriksaan gigi, konsultasi kecantikan, konsultasi gizi).
d) Terlibat dalam kegiatan sosial misalnya pelayanan kesehatan, kebersihan lingkungan dankampanye Perilaku Hidup Berwawasan Kependudukan (PHBK) lain-lain.
Materi yang harus dikuasai :
Materi khusus yang dikuasai oleh Pengelola/Pendidik Sebaya (PS)/Konselor Sebaya (KS) adalah 8 Fungsi Keluarga, Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP), TRIAD KRR, Keterampilan hidup (Life Skills), Keterampilan advokasi dan KIE, Pengembangan materi sesuai kebutuhan PIK R/M (misalnya Gender). Sarana dan Prasarana pada tahap ini ada Ruang Sekretariat, Ruang Konseling dan Ruang Pertemuan Memiliki papan nama dengan ukuran minimal 60x90 cm.
Demikian yang telah disampaikan tentang PIK Remaja, yang diharapkan dapat tumbuh dan berkembang ke tahap yang lebih baik.
Sesi Kegiatan Keagamaan