SEMINAR KESPRO DALAM RANGKA HARI AIDS SEDUNIA

Karangmojo
Dipublikasi pada 05 December 2019

Deskripsi

Kegiatan yang dilakukan BKKBN yang menghadirkan Narasumber yang handal dalam menghadapi Aids yang sangat ditakutkan karena sampai saat ini belum ada obat .

Dari narasumber yang didatang oleh BKKBN telah mengupas tuntas mengenai aids baik dari segi penularan sampai pencegahanya agar semua masyarakat bisa lebih paham dan jangan sampai jika di sekeliling kita jika ada yang terkena aids justru malah kita kucilkan tetapi rangkulah dia dampingi dia jangan sampai si penderita merasa tersisih dari kehidupan yang layak.

dari Narasumber Dr. Ahsanudin A.SPOG menerangkan bahwa penyebaran HIV hanya melalui 4 cara yaitu

1. Kontak darah : bergantian suntik bagi para pengguna narkoba

2. Vagina : penyebaran melalui hubungan yang berganti ganti pasangan dan tidak mengetahui jika pasangan lainya ada yang terkena HIV

3. Mani : penyebaran ini tidak beda dengan vagina akibat ganti ganti pasangan dan tidak mengetahui jika ada yang terkena HIV

4. Air Ketuban : Air ini bisa menularkan HIV jika Ibunya terkena HIV

5. Air Susu Ibu : karena si ibu terkena HIV jika menyusui pastilah anaknya akan tertular juga

Untuk itu kita harus tahu cara cara penularan HIV agar kita bisa saling menjaga demi kehidupan yang Sehat.

Dari narasumber Dr. Tri Kusumo Bawono S.E

jangan takut untuk memeriksakan Diri sendiri karena saat ini di setiap puskesmas sudah ada alat untuk mendeteksi dini dengan Adanya virus HIV. Dr. tri juga melayani Pemeriksaan secara gratis di Puskesmas Gedong tengen. Ajakan Beliaulah cara kita bisa mendeteksi dini virus HIV. semoga nanti ada aturan yang menyatakan sebelum menikah harus ada cek HIV.

Dari narasumber Magdalena

Ia adalah seorang yang terkena Virus HIV akan tetapi dengan hati yang kuat dan gigih sehinga ia siap menhadapi kehidupan dan sampai saat ini rutin meminum obat pencegahan tiap hari.

Beliau juga menyarankan agar kita semua bisa memeriksakan diri ke puskesmas apakah keadaan kita saat ini negatif atau positif.

Dari informasi semua narasumber tersebut maka kita ambil hikmahnya mari kita sosialisasikan pada masyarakat agar mereka mau memahami tentang bahaya HIV dan agar mereka bisa menerima, memberikan kehidupan yang layak dan tidak mendiskriminasikan jika ada tetangga yang terkena virus HIV.

Semoga ini bermanfaat bagi kita pengurus kampung KB

Sesi Kegiatan Pembinaan Lingkungan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan