KIRAB GUNUNGAN 16 PADUKUHAN DALAM RANGKA RASUL BERSAMA KALURAHAN KARANGMOJO TAHUN 2023

Karangmojo
Dipublikasi pada 19 July 2023

Deskripsi

Pada Hari Kamis Pahing  tanggal 20 Juli 2023 mulai pukul 09.00 Wib sampai pukul 15.00 Wib kalurahan karangmojo, kapanewon karangmojo melaksanakan kegiatan kirab gunungan dari 16 padukuhan di kalurahan karangmojo dalam agenda Rasul Bersama Kalurahan Karangmojo dengan tema “Manunggaling Cipto Lan Roso Kanggo Majune Karangmojo” dan lounching posyandu nyawiji karangmojo 2.

Kegiatan kirab gunungan  dilaksanakan Balai Kalurahan Karangmojo ini di iringi  Kesenian Karawitan“Marsudi Rini” dari Kader Kalurahan Karangmojo dan Kesenian Reog dari Padukuhan Gentungan serta bergodo pawira pratiwi dari padukuhan karangmojo 1. Dalam kirab gunungan yang di arak pamengku wilayah padukuhan Dukuh, RW, RT dan warga masyarakat dari 16 paadukuhan yang menyentral di lapangan karangmojo1 dan pada jam 13.00 Wib di arak menuju balai kalurahan karangmojo dan sesampainya di halaman balai kalurahan, diadakan upacara tradisi serah terima ke Lurah kalurahan Karangmojo ( Agus Budiyono ) untuk di  agar diserahkan ke masyarakat Kembali. Di sela2 upacara juga dari UPT Puskesmas Karangmojo1 juga melaksanakan lounching posyandu nyawiji karangmojo dengan menerbangkan balon dan 5 burung merpati di halaman kalurahan Karangmojo. Dalam kegiatan kegiatan kirab gunungan dari 16 padukuhan ini di hadiri perwakilan dari Bupati Gunungkidul, perwakilan Dinas Kundo Kabudayan Kabupaten Gunungkidul, Panewu Kapanewon Karangmojo, Dewan Kebudayaan Kapanewon Karangmojo, dan UPT Puskesmas  Karangmojo dan tidak lupa Babinsa dan Babinkamtibmas serta seluruh warga masyarakat Kalurahan Karangmojo. Alhamdulilah pada hari ini kegiatan kirab gunungan dari 16 padukuhan yang teragenda dalam Rasul Bersama Kalurahan Karangmojo dengan tema “Manunggaling Cipto Lan Roso Kanggo Majune Karangmojo” dan lounching posyandu nyawiji karangmojo berjalan sangat lancar dan baik serta antusias warga kalurahan karangmojo yang berbondong bonding menuju balai kalurahan untuk meramaikan kirab gunungan dari 16 padukuhan .

Dalam sambutanaya Lurah Karangmojo mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat kalurahan karangmojo serta pelaku seni budaya yang telah suka rela mengisi acara kirab gunungan dari 16 padukuhan ini. Lurah Karangmojo juga mengapresiasi panitia Rasul Bersama Kalurahan Karangmojo yang telah melakukan kirab gunungan dari 16 padukuhan dengan menyuguhkan bermacam gunungan dan pengombyong yang berasal berbagai padukuhan ini merupakan kebanggaan kita yang sudah menampilkan kebudayaannya dengan membuat gunungan yang tradisional khas milik gunungkidul. Semoga di tahun tahun kedepan kalurahan karangmojo bisa menjadi kalurahan Budaya, sehingga kita akan lebih cepat dalam memajukan kalurahan karangmojo.

Sesi Kegiatan Sosial Budaya

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan