PERTEMUAN KADER KALURAHAN KARANGMOJO AKHIR 2023

Karangmojo
Dipublikasi pada 15 December 2023

Deskripsi

Pada hari ini Kamis 16 November 2023, telah dilaksanakan Rapat Koordinasi Kader Kesehatan Kalurahan Karangmojo. Dengan Susunan acara:

  1. Pembukaan
  2. Menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Hidup Sehat
  3. Pembacaan Notulen
  4. Sambutan-sambutan
  5. Lain-lain
  6. Penutup

Giliran untuk rakor hari ini pelaksanaan piket dari kader Padukuhan Ngagel. Dalam sambutannya Lurah Kalurahan Karangmojo Agus Budiyono mengapresiasi kegiatan ini dan menyampaikan juga bahwa kedepan Kalurahan-Kalurahan akan mendapatkan 1 Milyar dan semoga kegiatannya bisa untuk menyasar kegiatan kesehatan dan kader. Disamping itu perlu diwaspadai lingkungan kita karena sudah ada kasus muntaber di salah satu Padukuhan.

Dalam sambutan kedua disampaikan oleh Koordinator Kader Ibu Winarsih, untuk laporan dari Karangmojo sedikit terhambat yaitu terlambat dikirim, dan SPJ segera diselesaikan. Untuk pelaksanaan KB yang perlu bongkar pasang asalkan ada KTP dan fc BPJS bisa gratis. Untuk PIL KB bisa lewat kader KB. PMT untuk balita yang mendapatkan 90 hari sasarannya selain kemarin mendapatkan untuk yang 30 hari masih bisa berlanjut. Bumil masih ada 4, dan jika ada caten dan kehamilan baru agar segera melaporkan.

Sambutan ketiga disampaikan dari UPT Puskesmas Karangmojo 1 yaitu Ibu Laras: Buku catatan kunjungan rumah kader akan dibagikan per Posyandu, bial ada kunjungan rumah bisa diisikan. Pengisian kader-kader dimasukkan, pengisian imunisasi jika ada yang baru agar dilengkapi. Akan diberikan buku untuk kegiatan Posyandu namun tidak bisa semua. Fungsi tablet tambah darah untuk mencegah anemia setiap hari untuk Ibu Hamil. Jika anemia kurang darah akibatnya sakit. Normal HB kurang 11 gram/dl. Dampak anemia anak akan lahir stunting, BB lahir rendah, prematur. Bentuk tablet warna merah. Untuk Ibu Hamil minimal 90 tablet selama Hamil. Remaja Putri minum 1 minggu sekali, jika menstruasi minum setiap hari. Cara minum tablet dengan air putih saat mau tidur malam hari. Untuk makanan yang diperlukan Ati, bayam, nasi, kering, ikan, kacang-kacangan dan zat besi. Tanda anemia kurang nafsu makan, mata berkunang-kunang, daya tahan tubuh menurun. Efek samping zat besi tidak ada( jika BAB hitam karena yang tidak dibutuhkan dibuang lewat BAB). Tekanan darah tidak mempengaruhi. Tablet tambah darah bisa didapatkan di Puskemas dan di Apotik.

Untuk kegiatan selanjutnya yang piket dari Padukuhan Gatak. Yang mendapatkan arisan dari Padukuhan Ngepung dan Karangduwet 1. Dana Sosial masuk hari ini sebesar 160.000 kurang Tlogowareng..Acara ditutup dengan doa bersama.

 

Sesi Kegiatan Perlindungan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan