kegiatan operasional DASHAT kampung KB Desa Mengkunyit

Desa Mengkunyit
Dipublikasi pada 15 May 2023

Deskripsi

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas gizi masyarakat melalui optimalisasi sumber daya pangan lokal dalam rangka mempercepat upaya pemurunan stunting di tingkat desa. Peserta kegiatan DASHAT dihadiri oleh ibu hamil, ibu nifas ( ibu setelah melahirkan), ibu menyusui, CATIN, keluarga yang memiliki balita/baduta, perwakilan desa, kader PKK, kader posyandu, serta PKB/PLKB. Kegiatan ini terlaksana dengan kerjasama yang baik dari pihak desa, OPDKB, PKB/PLKB dan Puskesmas.

Pada pelaksanaan kegiatan edukasi ini narasumber berasal dari ahli gizi Puskesmas Mandor dan menu yang  dipraktekkan adalah menu Nugget Ayam dan Nugget Tahu, dimana bahan dasar merupakan bahan yang dapat didapati dengan mudah di desa ataupun berasal dari desa itu sendiri. Nugget Ayam dan Nugget Tahu merupakan bahan makanan yang memiliki tinggi nilai protein dan seperti yang kita ketahui protein sangat baik untuk pertumbuhan anak dan janin. Menurut ahli gizi Puskesmas Mandor, Sumiati A.Md.Gizi, nilai gizi nugget ayam per resep adalah : energi 462 kalori, protein 34,4 kalori, lemak 120,7 kalori. Sedangkan untuk nugget tahu nilai gizi per resep adalah energi 379 kalori, protein 24,3 kalori dan lemak 116 kalori.

Setelah mengikuti kegiatan ini peserta menjadi paham dam mengetahui cara pengolahan makanan untuk MPASI maupun makanan sehat yang dapat disajikan dan dikonsumsi di rumah. Kegiatan ini terlaksana dengan baik dan lancar.


Sesi Kegiatan Kasih Sayang

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan