Kegiatan operasional DASHAT kampung KB Desa Mengkunyit

Desa Mengkunyit
Dipublikasi pada 06 July 2023

Deskripsi

Kegiatan DASHAT  (Dapur Sehat Atasi Stunting) di kampung keluarga berkualitas merupakan upaya pemberian edukasi gizi, pendampingan dan pembicaraan konsumsi makanan bergizi. Pada pelaksanaan edukasi gizi terdapat praktek memasak bahan pangan lokal. Bahan pangan lokal yang dimasak saat kegiatan praktek memasak yaitu berbahan dasar labu kuning dan kedelai. Labu kuning diolah menjadi puding labu kuning. Kedelai telah diolah menjadi tahu dan di masak menjadi tahu kukus telur. Kedua makanan ini baik dikonsumsi untuk semua sasaran dalam upaya percepatan penurunan stunting. Kandungan dan nilai gizi dari puding labu kuning (energi 345 kkal, protein 9,6 gr, lemak 33,1 gr, kh 8,3 gr), dan kandungan nilai gizi dari tahu kukus telur (energi 115 kkal, protein 15gr, lemak 9,4gr, kh 11,9gr).
Kegiatan Dashat ini digadiri oleh 20 orang peserta terdiri dari ibu hamil, ibu nifas,ibu menyusui,keluarga yang memiliki bayi dan balita, perwakilan desa, kader PKK, Kader Posyandu, PKB dan PLKB. 
Harapannya setelah kegiatan DASHAT ini sasaran kegiatan dapat mempraktekkannya dirumah dan berbagi informasi dengan rekan-rekan yang lain,agar masyarakat dapat mengolah bahan lokal dengan bervariasi dan nilai gizi yang cukup.

Kegiatan ini terlaksana dikarenakan usaha yang dilakukan oleh Desa,PPKBD,Kader dan PKB/PLKB dalam mengadvokasi/membuat mengajak warga, sehingga dengan bantuan/fasilitasi dari desa
Kegiatan ini terlaksanan dengan antusias peserta cukup baik.
Sesi Kegiatan Kasih Sayang

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan