kegiatan operasional DASHAT kampung KB Desa Mengkunyit

Desa Mengkunyit
Dipublikasi pada 11 December 2023

Deskripsi

Kegiatan Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT) untuk meningkatkan kualitas gizi masyarakat melalui optimalisasi sumber daya pangan lokal dalam rangka mempercepat upaya penurunan stunting di tingkat desa. Peserta kegiatan DASHAT terrdiri dari ibu hamil, ibu nifas ( ibu setelah melahirkan), ibu menyusui, keluarga yang memiliki balita/baduta, perwakilan desa, kader PKK, kader posyandu, serta PKB/PLKB. Kegiatan ini terlaksana dengan kerjasama yang baik dari pihak desa, OPDKB, PKB/PLKB dan Puskesmas.

Pada pelaksanaan kegiatan edukasi ini narasumber berasal dari Koordinator PKB/PLKB Kecamatan Mandor dan menu yang  dipraktekkan adalah menu sup kelor jagung dan semur bola bola ayam. Kedua makan ini baik dikonsumsi oleh semua sasaran dalam upaya percepatan penurunan stunting. Informasi mengenai nilai gizi, bahan dan cara memasak terlampir.

Setelah mengikuti kegiatan ini peserta menjadi paham dan mengetahui cara pengolahan makanan untuk MPASI maupun makanan sehat yang dapat disajikan dan dikonsumsi di rumah. Dan peserta mengetahui bahwa banyak tumbuhan pangan lokal yang dapat diolah sebagai menu sehari hari untuk mencegah stunting.

Peserta berasal dari dusun paser desa mengkunyit berjumlah 20 orang terdiri atas: ibu hamil, ibu nifas, ibu menyusui, keluarga yang memiliki balita/baduta, perwakilan desa, kader PKK, kader posyandu serta PKB/PLKB

Sesi Kegiatan Kasih Sayang

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan