Penanaman Mangrove Secara Serentak Oleh Jajaran TNI se-Indonesia

Pantai Indah
Dipublikasi pada 14 May 2023

Deskripsi

ersama Kodim 0305 Pasaman dan Forkopimda, Bupati Hamsuardi Ikuti Penanaman Mangrove Secara Serentak Oleh Jajaran TNI se-Indonesia



Jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI) di seluruh wilayah Indonesia, menggelar Penanaman Mangrove Nasional Secara Serentak. Acara puncak penanaman Mangrove yang dihadiri Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di blok D Taman Wisata Alam Jakarta Utara melalui virtual itu, diikuti oleh Bupati Pasaman Barat (Pasbar) Hamsuardi, jajaran Kodim 0305 Pasaman, unsur Forkopimda, Kepala OPD dan stakeholder terkait di Jorong Padang Jaya, Nagari Maligi, Kecamatan Sasak Ranah Pasisie, Senin (15/5).

Melalui video conference, Presiden RI Joko Widodo menyebutkan luas ekosistem mangrove di Indonesia mencapai 3,63 juta hektar. Untuk itu, ia mengucapkan terima kasih kepada TNI, POLRI, seluruh pecinta dan pegiat lingkungan yang terus bersama merehabilitasi hutan mangrove yang memang perlu diperbaiki.

"Kita berharap habitat hutan mangrove seperti monyet, biawak, kepiting dan lainnya dapat kembali lagi. Penanaman kembali hutan mangrove di tanah air harus terus dilakukan untuk melindungi pesisir dan proteksi alam,” ujar Presiden Joko Widodo.

Mendukung hal tersebut, Bupati Pasbar Hamsuardi mengungkapkan penanaman mangrove di Jorong Padang Jaya, Nagari Maligi juga bermanfaat untuk menghijaukan kembali kawasan pesisir pantai dan memberikan kehidupan yang lebih baik bagi ekosistem yang ada disekitarnya. Tak kalah pentingnya, kata Hamsuardi penanaman mangrove tersebut diharapkan dapat mencegah abrasi dan melindungi masyarakat Maligi dari bahaya banjir.

"Kegiatan yang kita lakukan ini dapat melindungi dan mencegah kita dari bahaya banjir, meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan para nelayan kita disini dengan menghasilkan ikan, udang, kepiting dan sebagainya yang berkembang biak di hutan mangrove. Untuk itu, mari sama-sama kita jaga kelestarian mangrove kita ini," jelasnya.

Sementara Dandim 0305 Pasaman Letkol Inf. Putra Negara menambahkan penanaman mangrove nasional secara serentak oleh jajaran TNI di seluruh Indonesia itu dilaksanakan di 370 lokasi penanaman di 37 provinsi, dengan jumlah 1.100.169 bibit mangrove yang ditanam.

Sesi Kegiatan Pembinaan Lingkungan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan