kegiatan Bimtek Sistem Otomasi Perpustakaan inlislite dan Bedah Instrumen Akreditasi tahun 2024

Kampung KB Kelurahan Kenari
Dipublikasi pada 12 February 2024

Deskripsi

       Bersama ini kami sampaikan laporan kegiatan RPTRA MH THAMRIN  kenari sebagai berikut :

I.                    Dihadiri :

1.       Pengelola RPTRA MH THAMRIN

2.       Bapak Renda Chris Rsdhi Artha ( Bidang Standardisasi dan Akreditasi Perpustakaan - Perpustakaan Nasional RI )

3.       Ibu Nadia Rahmah, S.Komp ( Perpustakaan Nasional RI )

4.       Bapak Drs. Firmansyah, M.Pd ( Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan )

5.       Bapak Arif Fadilah, S.Si, M.Si ( Ketua Subkelompok Pembinaan Perpustakaan umum, Perpustakaan Perguruan Tinggi, dan Perpustakaan Umum Kedinasan Provinsi DKI Jakarta )

 

II.                  Isi kegiatan :

Pengelola RPTRA harus melalukan disinfektanisasi sebelum memulai bekerja dari             rumah dengan tetap melalukan pemantauan terhadap RPTRA baik melalui         CCTV,patroli,maupun cara lain nya dan melaporkan hasilnya secara berkelompok sesuai      dengan lokasi RPTRA masing-masing kepada lurah tembusan kasudin PPAPP dan ketua TP                 PKK kota/kabupaten melalui whatsapp atau media lainnya.Fasilitas RPTRA dibuka untuk                        umum dengan kapasitas 100% dari kapasitas normal.

Mengikuti tugas luar Bimtek Sistem Otomasi Perpustakaan inlislite dan Bedah Instrumen Akreditasi tahun 2024

Isi materi :

1.  Sambutan dari Bapak Drs. Firmansyah, M.Pd ( Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan )

Kita sepakat akan menciptakan negara ini negara maju. Jakarta menjadi kota global. Ayo sama sama kita membangun RPTRA ini memjadi tempat yg ramai untuk berpartisipasi menciptakan bibit - bibit unggul.

2. Materi dari Bapak Renda Chris Rsdhi Artha ( Bidang Standardisasi dan Akreditasi Perpustakaan - Perpustakaan Nasional RI )

Moderator : Bapak Arif Fadilah, S.Si, M.Si ( Ketua Subkelompok Pembinaan Perpustakaan umum, Perpustakaan Perguruan Tinggi, dan Perpustakaan Umum Kedinasan Provinsi DKI Jakarta )

AKREDITASI PERPUSTAKAAN KELURAHAN

Bagaimana Akreditasi Perpuatakaan Kelurahan Bisa Optimal ?

Sebuah perpustakaan yang memiliki sertifikat akreditasi dianggap sebagai perpustakaan yang berkualitas, memiliki layanan yang baik dan peningkatan mulu perpustakaan.

STANDAR NASIONAL PERPUSTAKAAN :

• Umum

• Sekolah

• Perguruan Tinggi

• SLB

• PAUD

• Khusus

Pentingnya akreditasi dapat membanti meningkatkan reputasi perpustakaan di mata masyarakat sehingga perpustakaan tersebut menjadi lebih terkenal dan di hargai.

3. Tanya Jawab.

4. Materi dari Ibu Nadia Rahmah, S.Komp ( Perpustakaan Nasional RI )

Moderator : Penny Librayanti, M.Si ( Pustakawan Ahli Madya Provinsi DKI Jakarta )

BIMBINGAN TEKNIS SISTEM OTOMASI PERPUSTAKAAN INLISLITE

Spesifikasi INLISLite :

• Kecepatan Processor 2.1 GHz

• Kecepatan Memori ( RAM ) 8 GB

• Kapasitas harddisk drive c di sediakan untuk folder xampp sebesar 1400 MB ( 1,4 GB )

• Sistem operasi windows 7/8/9/10 windows server 2008/2012/2019

• Default port aplikasi 8123

• Port My SQL : 3300

• Pastikan di dalam drive c tidak terdapat folder xampp karna akan tertimpa ( replace )

INLISLite

* Pengertian aplikasi perpustakaan inlislite

* Instalasi inlislite

* Setting administrasi

* Pengolahan Bahan Pustaka

* Pengelolaan Anggota

* Sirkulasi

* Koleksi baca di tempat

* Pembuatan survey

* Back up data

* Restore data

CARA MENGAPLIKASI KAN INLISLITE :

• Instal INLISLite melalui bit.ly/bimtekINLISLITE2024

• Setelah di instal, di ektract ke folder c ( cek kembali jika ada filder xampp, tolong di rename)

• xampp control

• Buka chrome, ketik local host 8123

USERNAME : inlislite

PASSWORD : inlislite=

• setelah terinstal, klik Administrasi -> pengaturan umum -> nama perpustakaan ( conto : RPTRA ..... )

• Jenis perpustakaan : umum

• Logo : Logo Pemda DKI Format PNG

• Klik Simpan

Note : klik CTRL + F5

Jika di perpustakaan mempunyai kop surat boleh di masukkan, bertujuan untuk mencetak l        aporan.

• Lokasi Perpustakaan, lalu di koreksi lagi

• Pengaturan akuisisi : Administrasi -> pengaturan akuisisi -> penomoran koleksi -> klik simpan

• Penginputan Buku Koleksi : menu katalog -> Entri katalog

Demikianlah Notulen ini kami buat,saya ucapkan terima kasih.

III.                Permasalahan/kendala

                                Tidak ada masalah di wilayah

 

Sesi Kegiatan Pembinaan Lingkungan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan