KEGIATAN POKJA DALAM KETAHANAN PANGAN

Arga Mulya
Dipublikasi pada 11 August 2023

Deskripsi

KEGIATAN      : KETAHANAN PANGAN

HARI/TGL       : JUM'AT/11 AGUSTUS 2023

TEMPAT          : BALAI DESA ARGA MULYA


KETAHANAN PANGAN UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DAN PETANI

Pertambahan penduduk dan tingginya pertumbuhan ekonomi akan meningkatkan permintaan terhadap pangan, energi, dan air. Pemenuhan kebutuhan akan permintaan-permintaan tersebut perlu mendapatkan perhatian bersama, sehingga ketahanan terhadap pangan, energi, dan air merupakan keniscayaan. Sebagai salah satu peran penting dalam kehidupan manusia, ketahanan pangan menjadi prasyarat mutlak.

Ketahanan pangan merupakan suatu kondisi terpenuhinya kebutuhan pangan bagi rumah tangga yang tercermin dari tersedianya pangan secara cukup, baik dari jumlah maupun  mutunya, aman, merata, dan terjangkau. Sebagaimana dijelaskan dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 20 Tahun 2006 tentang Irigasi, ketahanan pangan diwujudkan melalui keberlanjutan sistem irigasi, melalui pengembangan hingga operasi, dan pemeliharaan jaringan irigasi.

PROGRAM KETAHANAN PANGAN

PEMBERIAN TERNAK KAMBING KEPADA KELOMPOK PETERNAK

OLEH PEMERINTAH DESA ARGA MULYA SEBAGAI KAMPUNG KB BERKUALITAS:

Program Desa Arga Mulya:

Pemerintah Desa Marga Sakti  menyerahkan bantuan kambing kepada Kelompok Ternak dalam Program Ketahanan Pangan, di Kantor Desa Marga Sakti, Kecamatan Padang Jaya , Rabu (11 / 08 / 2023).


Seperti banyak daerah pedesaan lainnya menghadapi tantangan dalam mencakup kebutuhan pangan masyarakatnya. Namun, langkah-langkah telah diambil oleh pemerintah desa Arga Mulya dan lembaga terkait untuk mengatasi masalah ini. Salah satu program yang dijalankan adalah Program Ketahanan Pangan, yang bertujuan untuk meningkatkan produksi pangan lokal dan menjaga keberlanjutan sumber daya alam. Dalam rangka mendukung Program Ketahanan Pangan, bantuan kambing diserahkan kepada kelompok ternak di Desa  Arga Mulya dan diserahkan langsung oleh Kepala Desa Dendi Apriayadi.


Kepala Desa Marga Sakti  memilih Hewan  kambing dipilih sebagai hewan ternak karena memiliki beberapa keunggulan, seperti adaptabilitas yang tinggi terhadap lingkungan, kemampuan berkembang biak dengan cepat, dan memberikan manfaat ganda melalui daging dan susunya.

Sesi Kegiatan Ekonomi

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan