SANITASI DAN KEBERSIHAN LINGKUNGANN DESA ODF

Arga Mulya
Dipublikasi pada 06 September 2023

Deskripsi

LAPORAN KEGIATAN 

LAPORAN KEGIATAN

PROGRAM KAMPUNG KB

Program Jambanisasi sebagai Upaya Memperbaiki Sanitasi Menuju Masyarakat yang Sehat di Desa Arga Mulya

Sebagai Kampung Keluarga Berkualitas


Program Kegiatan    : Sanitasi sebagai Desa ODF

Tempat                     :  Desa Arga Mulya

Hari / Tgl                  :  Rabu / 06 September 2023

Waktu Kegiatan       :  09 . 00 Wib - 13. 00 WIB


Advokasi Lintas Sektor bersama Tim Fasilitator Lapangan Dinas Permukiman dan Perumahan Kabupaten Bengkulu Utara Bersama Camat Padang Jaya, dalam mewujudkan program bantuan Jamban bagi warga Desa Arga Mulya, bersama Pemerintah Desa Arga Mulya, yang langsung penyerahan Bantuannya di serahkan Bpk. Dendi Apriyadi selaku Kepala Desa. Kegiatan ini dilaksanakan 

Kegiatan Jambanisasi berupa pemberian bantuan pengadaan jamban keluarga sebanyak 9 keluarga sasaran warga desa Arga Mulya, masing-masing mendapatkan bantuan sebesar 2,5 Juta yang dialokasikan sebagai bahan material bangunan dan ongkos tenaga pekerja bangunan yang melaksanakan program pembuatan jamban. Pemerintah Desa Arga Mulya pada prinsipnya memberikan support dan dukungan penuh, termasuk anggaran stimulan, bilamana dirasa masih belum cukup bantuan yang diberikan oleh Dinas Permukiman dan Perumahan tersebut.

Dari kegiatan ini diharapkan setiap keluarga dapat memiliki jamban keluarga yang bersih dan sehat guna menunjang kegiatan kebersihan lingkungan keluarga, sehingga dapat menghindarkan mereka dari penyakit akibat lingkungan yang buruk dari kacamata pandang kesehatan, seperti disentri, diare dan lain sebagainya.

Kondisi lingkungan yang bersih dan sehat sangat berpengaruh terhadap kesehatan di masyarakat seperti penyediaan air bersih, jamban disetiap keluarga, serta kondisi lingkungan di sekitar rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hidup bersih dan sehat dengan program jambanisasi. Melalui program jambanisasi akan meningkatkan kesadaran akan dampak negative dari buang air besar sembarangan. Kondisi tersebut sangat menurunkan sanitasi di lingkungan sekitar. Metode penelitian ini menggunakan metode telaah pustaka. Untuk menjaga ketepatan pengkajian dan mencegah kesalahan informasi dalam analisis data maka dilakukan pengecekan antar pustaka dan membaca ulang pustaka. Hasil penelitian ini adalah masih ada sebagian masyarakat yang memiliki sikap yang kurang setuju bahkan tidak setuju untuk menggunakan jamban, tidak memiliki jamban, sehingga tidak menutup kemungkinan penularan berbagai macam penyakit akan terjadi.

Kata Kunci: Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Sanitasi, dan Jambanisasi

Sesi Kegiatan Pembinaan Lingkungan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan