Inovasi program kampung KB - Pembentukan BAAS (Bapak/Bunda Asuh Anak Stunting)

NENGKEUN BOLUM
Dipublikasi pada 13 March 2023

Deskripsi

                                                     Inovasi program kampung KB - Pembentukan BAAS (Bapak/Bunda Asuh Anak Stunting)

Pembentukan BAAS (Bapak/Bunda Asuh Anak Stunting) dilakukan di sekretariat kampung kb. Hadir dalam kegiatan ini pembina kampung KB dari team DPPKBP3A kabupaten Paser, Sekretaris desa Tajur sekaligus sekretaris kampung Kb (Bp. Joko Nurwanto) dan seluruh pengurus kampung kb nengkuen bolum. Materi disampaikan oleh Bp. Amir Faisol,SKM, M.Kes (Kepala Dinas DPPKBP3A). Pada kegiatan ini informasi diberikan untuk mencari Bapak dan Bunda yang bersedia mengasuh anak stunting selama 6 bulan. Tujuan dari kegiatan ini adalah mengupayakan tumbuh kembang normal pada anak yang berisiko stunting

Karena di tajur terdapat anak yang berisiko stunting maka pada anak-anak ini diberikan konsumsi  makanan bergizi seimbang setiap harinya selama 6 bulan di sekretariat kampung kb dengan menu yang berbeda-beda setiap harinya. Jika orang tua dan anaknya tidak hadir pada hari pelaksanaan maka petugas dapur stunting akan mengantar makanan di rumah anak yang berisiko stunting.

Akhirnya tersusunlah planing yaitu perekrutan BASS pada awalnya dari pengurus kampung Kb, PKK dan perangkat desa sebagai motivator untuk mengajak warga desa agar ikut serta menjadi BASS. Tahap berikutnya akan direkrut dari warga desa yang mampu secara finansial.

Pada saat acara verifikasi Data lapangan diserahkan sertifikat BASS kepada Ibu Sri Hidayati (Bunda BAAS : Ketua team penggerak PKK Desa Tajur), Ibu Tiara Santika, S.Pd ( Bunda BASS: Ketua Kampung KB), Ibu Sri Sumarti (Bunda BASS: Seksi Sosbud kampung KB) oleh Kepala Dinas DPPKBP3A didampingi   Bapak Harlan Lelanadan Ibu Leli  (team Verifikasi lapangan)

Sesi Kegiatan Sosial Budaya

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan