PEMBERDAYAAN KELOMPOK MASYARAKAT DI KAMPUNG KB DALAM RANGKA PPS SERTA PEMBENTUKAN KAMPUNG KB DAN PEMBENTUKAN DAHSAT

anggrek bulan kampung kb percotohan
Dipublikasi pada 06 April 2022

Deskripsi

Kampung KB adalah merupakan Program pemberdayaan Masyarakat dalam mewujudkan Promosi kesehatan terhadap penggunaan KB dan pemilihan alat kontrasepsi serta pemberantasan kemiskinan dan percepatan penurunan stunting. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah kependudukan yaitu melalui Program Keluarga Berencana (KB). Definisi Keluarga Berencana menurut UndangUndang No. 32 Tahun 2009 adalah sebuah usaha untuk mengatur kelahiran anak, kehamilan, jarak dan usia ideal melahirkan, melalui bantuan dan perlindungan sesuai hak reproduksi guna mewujudkan keluarga yang lebih berkualitas. Sejak Pencanangan  Kampung KB sampai saat ini ada beberapa Kampung KB yang sudah menunjukkan kemajuan, akan tetapi masih banyak Kampung KB yang setelah di canangkan tidak ada kemajuan sesuai yang di harapkan karena berbagai persoalan yang kita temui di lapangan. Permasalahan pertama adalah setelah di canangkan tidak ada kegiatan lanjutan di Kampung KB, kedua masih kurangnya perhatian dari Pemerintah Daerah terkait Kampung KB, ketiga  kurangnya  kemampuan SDM  Pengelola Kampung KB serta kurangnya dukungan dan  Partisipasi aktif dari lintas Sektor dan  Mitra Kerja terkait.

 Tujuan umum kegiatan ini adalah meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program Kependudukan , Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga serta melibatkan sektor terkait dan Mitra Kerja  dalam rangka terwujudnya keluarga berkualitas, Sehat dan Sejahtera.

 Sasaran kegiatan ini yaitu Pokja Kampung Keluarga Berkualitas,  Penyuluh KB, Penyuluh KB Non PNS, PKK, Dharma Wanita, orang yang difungsikan sebagai pendamping Kampung KB, dan Kepala Desa atau Lurah.

Sesi Kegiatan Ekonomi

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan