20 Kader Posyandu Gumulan dibekali Pelatihan Dasar Pengukuran

Gumulan, Desa Caturharjo
Dipublikasi pada 08 November 2023

Deskripsi

Bertempat di Rumah Dukuh Gumulan, Puskesmas Pandak II bekerjasama dengan Pokja Kampung KB Gumulan mengadakan pelatihan dasar pengukuran pada Kamis Wage (09/11). Kader Posyandu merupakan ujung tombak desa dalam pelayanan warga di bidang kesehatan, khususnya mengenai penanganan Stunting. Dengan demikian, kader posyandu wajib dibekali dengan pengetahuan dan ketrampilan serta sikap yang positif sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan pengetahuan kader posyandu.

Pelatihan yang diajarkan diantaranya pengukuran menggunakan alat Stadiometer, Infantometer, Timbangan Digital 2 in 1, Timbangan Baby Skill, Pengukuran lingkar kepala dan lingkar lengan serta cara pengisian buku KMS sesuai dengan pedomannya. 

Sebanyak 20 kader Posyandu di Gumulan mengikuti kegiatan ini dengan antusiasme yang luar biasa. Bahkan setiap kader berebutan untuk praktik secara langsung. Ibu Boniyem selaku Ketua Kader Posyandu Gumulan menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan positif untuk meningkatkan kompetensi kader. Selama ini, dalam praktik pengukuran dilakukan oleh kader yang berbeda-beda sehingga hasilnya beberapa kali tergolong anomali.

Menanggapi hal tersebut, Ibu Ayu Dwi Ratnasari selaku Narasumber dari Puskesmas Pandak II mengungkapkan bahwa apabila terjadi perbedaan kecil dalam pengukuran maka tidak masalah. Selain itu, beliau juga menekankan pentingnya setiap kader untuk memiliki kompentensi dalam pengukuran dan pencatatan dalam buku KMS sehingga tidak ada kader yang spesialis di bagian tertentu saja. Harapannya dengan adanya pelatihan dasar, pengukuran dalam posyandu menjadi lebih tepat sesuai dengan kaidah yang ditetapkan sehingga dapat menjadi langkah pertama dalam upaya untuk mendeteksi sejak dini jika terdapat hal-hal yang tidak diinginkan dan juga memantau kondisi balita, remaja ataupun lansia.

Selengkapnya di Kampung KB Gumulan (kkbgumulan.com)

Sesi Kegiatan Pendidikan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan