Petani Milenial Sae Tani Bergerak Lakukan Perlindungan Tanaman

Gumulan, Desa Caturharjo
Dipublikasi pada 14 October 2023

Deskripsi

Petani Milenial Sae Tani kembali ke lahan untuk melanjutkan proses penanaman pada Minggu (15/10). Berdasarkan pemaparan sebelumnya, pohon pisang dan sayuran akan menjadi pilihan utama. Akan tetapi setelah melalui proses pertimbangan, budidaya sayuran terpaksa dihentikan sementara untuk menjaga kesuburan tanah. Adapun pohon pisang yang dipilih ialah pisang berjenis kapok kuning, ambon dan raja. Bibit ini diperoleh secara mandiri. 

Proses Penanaman dilakukan bersamaan dengan memberikan perlindungan terhadap bibit pohon pisang.  Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, Sae Tani memanfaatkan peralatan bekas sederhana yaitu karung bekas dan bambu yang sudah tidak terpakai sebagai bahan utama untuk melindungi bibit dari serangan hama sehingga dapat terhindar dari kerusakan bahkan kematian. Dalam proses pertumbuhannya, tanaman tersebut juga akan memerlukan nutrisi yang cukup sehingga tak lupa akan dilakukan penyiraman setiap dua hari sekali apabila tidak turun hujan serta pemupukan secara teratur.

Oni Dian Febriawan selaku Ketua Sae Tani menyampaikan bahwanya nantinya, anggota Sae Tani yang didominasi oleh pemuda dan pemudi, akan bekerja sama dan saling bergantian sehingga tidak ada yang merasa terganggu aktivitas sekolah ataupun bekerjanya. 

 

Sesi Kegiatan Ekonomi

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan