Siapkan Generasi Emas: DTKB (Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak) pada Balita Padukuhan Gumulan

Gumulan, Desa Caturharjo
Dipublikasi pada 02 February 2024

Deskripsi

Dewasa ini, permasalahan pada tumbung kembang anak semakin kompleks dan meningkat. Padahal lima tahun pertama kehidupan merupakan sebuah fase golden age yang harus dimaksimalkan sehingga diperlukan stimulasi supaya anak dapat berkembang sesuai dengan  potensinya dan terhindar dari kelainan atau penyimpangan. 

DTKB (Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak) merupakan salah satu program dari Kementrian Kesehatan untuk meningkatkan kualitas anak dengan cara me-monitoring tumbuh kembang balita sehingga apabila ditemukan penyimpangan dapat segera dilakukan intervensi ataupun rujukan. Sebagai salah satu upaya deteksi dini, Pokja Kampung KB Gumulan bekerja sama dengan Puskesmas Pandak II melakukan kegiatan DTKB pada hari Sabtu Kliwon (03/02/2024) di Rumah Ibu Boniyem RT 02 Gumulan.

Selain pengukuran fisik (berat badan, tinggi badan, lingkar lengan, lingkar kepala), terdapat sesi pemberian vitamin, pemantauan dan stimulasi perkembangan anak secara kognitif dan bahasa dengan memberikan balita beberapa gambar serta indikator perkembangan balita sesuai dengan kelompok usianya,, pemantauan dan edukasi gigi dan gizi anak. 

Orang tua balita menyambut positif kegiatan ini, mereka mengaku senang karena mendapatkan pengetahuan baru dan kesadaran akan tumbuh kembang anaknya.

Sesi Kegiatan Kasih Sayang

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan