ANJANGSANA KE KAMPUNG TOGA NONGSA

KELURAHAN TANJUNG SENGKUANG
Dipublikasi pada 27 September 2019

Deskripsi

PLKB Kecamatan beserta seluruh  PLKB Kelurahan , Kader PPKBD dan Sub PPKBD se Kecamatan Batu Ampar termasuk Kader di Kampung KB Air Raja mengadakan ANJANGSANA ke Kampung TOGA di Nongsa. Adapun tujuan dari Anjangsana ini adalah untuk melihat dan mempelajari apa saja Jenis tanaman, Pengelompokan TOGA serta Pengelolaan TOGA yang ada di Kampung TOGA Kecamatan Nongsa ini sehingga kami bisa melakukan pembinaan kepada kader untuk membuat Kampung TOGA di Kelurahan masing-masing. 
Kampung TOGA Nongsa sendiri adalah Kampung TOGA terbesar dan terbaik sekota Batam banyak jenis tanaman yang ada di daerah tersebut ada sekitar ratusan jenis tanaman TOGA yang ditanam disana. Kami bertanya tentang pengelolaan Kampung TOGA tersebut ternyata Bersama kader membuat jadwal penyiraman dan pemupukan jadi kepemilikan Kampung TOGA bukan dimiliki oleh sekelompok RT/RW saja tapi milik Bersama. Setiap RT/RW wajib menyumbangkan tanaman TOGA dan bahkan ada tanaman yang didatangkan dari pulau Jawa. Berbagai sumbangan dari pengunjung dan pejabat dijadikan sebagai Kas Kampung TOGA. 
Setelah berkoordinasi dengan Kasi Kesra Kelurahan dan Puskesmas pada hari Jumat, 27 September 2019 kami melakukan Anjangsana. Sesampainya disana kami sangat terkejut karena  disambut oleh banyak Kader, PLKB Kelurahan Nongsa bahkan Ibu Lurah dan pihak dari Puskesmas, karena kami hanya sekedar berkunjung saja. Setelah keliling dan banyak bertanya tentang cara penanaman TOGA kami pun pamit pulang. Kami sangat berterimakasih kepada TIM Kampung TOGA Nongsa yang telah memberikan Sambutan yang luar biasa kepada kami, semoga ilmunya dapat bermanfaat dan bisa langsung kami aplikasikan di Kelurahan yang ada di Kecamatan Batu Ampar. 

Sesi Kegiatan Sosial Budaya

Instansi Pembina Kegiatan

Tidak ada

Sasaran Kegiatan