OPERASIONAL KETAHANAN KELUARGA BERBASIS KELOMPOK KEGIATAN DI KAMPUNG KB

BINA KARYA
Dipublikasi pada 14 February 2023

Deskripsi

Kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan materi tentang :

  1.      Pengertian, Sasaran dan manfaat dari kelompok-kelompok Tribina ( BKB, BKR dan BKL)

2.      Manfaat kelompok BKB, BKL dan BKR  (Tribina)

3.  Pendewasaan usia perkawinan dari segi emosional dan segi ekonomi, akan lebih matang dan ideal dengan usia laki-laki 25 tahun dan perempuan 21 tahun. Ada beberapa factor yang mempengaruhi kawin muda diantaranya factor budaya, factor ekonomi, factor social, factor pendidikan dan lain sebagainya

4.     Pengaturan kelahiran untuk usia ideal melahirkan diatas 20 tahun dan berhenti melahirkan usia 35 tahun. Maka untuk pengaturan kelahiran ini PUS  menggunakan alat kontrasepsi.

5.     Peranan 8 fungsi keluarga untuk menjadikan sebuah keluarga yang berkualitas.

6.     Peran keluarga agar remaja terhindar dari kenakalan remaja, seks bebas serta HIV dan Aids.

Dalam Kegiatan ini yang dihadiri oleh Penyuluh KB Kecamatan Marabahan, Kader IMP dan Kader Poktan, Keluarga yang memiliki anak Balita, Keluarga yang memiliki Remaja dan Keluarga yang memiliki Lansia.

Setelah mengikuti kegiatan ini peserta menjadi memahami tentang materi-materi yang telah disampaikan seperti: Pendewasaan usia perkawinan dari segi emosional dan segi ekonomi, akan lebih matang dan ideal dengan usia laki-laki 25 tahun dan perempuan 21 tahun. Ada beberapa factor yang mempengaruhi kawin muda diantaranya factor budaya, factor ekonomi, factor social, factor pendidikan dan lain sebagainya. Peran keluarga agar remaja terhindar dari kenakalan remaja, seks bebas serta HIV dan Aids. Selain itu, peserta juga memahami pengaturan kelahiran untuk usia ideal melahirkan diatas 20 tahun dan berhenti melahirkan usia 35 tahun. Maka untuk pengaturan kelahiran ini PUS  menggunakan alat kontrasepsi, seperti IUD, Implan, Suntik, Pil, dan Kondom.

Kegiatan ini terlaksana dengan antusias peserta cukup baik.

Sesi Kegiatan Pendidikan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan