Pertemuan Rutin Bulanan Kelompok Kegiatan BKR Anggrek

KELABAT
Dipublikasi pada 11 January 2019

Deskripsi

Pertemuan rutin bulanan kelompok kegiatan BKR Anggrek Dusun Jebu Laut dilaksanakan setiap bulan pada hari Jumat diminggu pertama atau kedua.

Kegiatan pertemuan dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan Majelis taklim, adapun rangkaian kegiatan sebagai berikut :

1. pembukaan

2. tausiah atau kaji materi fikih

3. Belajar tajwid dan membaca Al Quran

4. Pemberian materi/penyuluhan mengenai Genre

5. Arisan dan kegiatan lainnya

Pertemuan bulan ini membahas mengenai mengenal perubahan anak-anak menjadi remaja atau pubertan, adapun materi penyuluhan adalah sebagai berikut :

1.    Pubertas
PUBERTAS adalah masa peralihan dari anak-anak menjadi dewasa. Ditandai dengan matangnya organ reproduksi. Pubertas pada perempuan terjadi antara umur 8 – 13 tahun. Sedangkan pada laki-laki antara umur 9 – 14 tahun.
2.    Perubahan yang dialami remaja meliputi perubahan fisik dan psikis yang terjadi secara umum adalah sebagai berikut:
Perubahan fisik: Tinggi badan bertambah dengan pesat, Berat badan bertambah, Wajah menjadi lebih berisi, Kulit menjadi lebih berminyak, Keringat bertambah banyak, Muncul jerawat pada wajah, Tubuh mulai berbulu
Perubahan psikis: perubahan psikis akibat perubahan fisik, perubahan mood dan emosi, krisis identitas diri, lebih senang bergabung dengan teman mereka, menjadi lebih sensitif, lebih emosi dan sangat mudah tersinggung, merasa aneh dengan bentuk tubuh dan merasa bingung, Dorongan hormon akan mendorong perasaan seksual sehingga mulai tertarik kepada lawan jenis, Ingin menjadi diri sendiri
3.    Perubahan fisik pada REMAJA PEREMPUAN adalah sebagai berikut : Bentuk tubuh menjadi sedikit bulat karena lemak mulai menumpuk, Pinggul melebar, Payudara mulai membesar, Puting mulai menonjol, Tumbuh rambut-rambut halus di sekitar ketiak dan alat kelamin, Warna alat kelamin menjadi agak gelap dan mulai berotot   Mulai menstruasi


4.    Perubahan fisik pada REMAJA LAKI-LAKI adalah sebagai berikut : Bahu dan dada bertambah lebar, Tubuh menjadi lebih berotot bertambah berat dan tinggi, Tumbuh jakun, Suara pecah dan menjadi lebih dalam, Tumbuh rambut-rambut halus di sekitar ketiak dan alat kelamin (pada sebagian remaja laki-laki juga tumbuh rambut di lengan, tungkai, dada, punggung, dan wajah: kumis dan janggut), Penis dan skrotum menjadi lebih besar dan berwarna gelap   Dapat terjadi ejakulasi (keluarnya air mani) di antaranya melalui mimpi basah.
5.    Menstruasi
Pada waktu tertentu di setiap bulan, pada perempuan yang sudah pubertas terjadi proses ovulasi. Proses ovulasi merupakan proses dimana ovarium atau indung telur menghasilkan sel telur atau ovum. Ketika sel telur matang, maka sel telur akan keluar dari ovarium dengan pecahnya folikel. Jika folikel sudah melepaskan sel telur, maka folikel akan berkembang dengan membentuk korpus luteum. Sel telur ini akan tinggal di tuba falopi selama 24 jam untuk menunggu sel sperma membuahinya. Sel telur hanya memiliki waktu sekitar 12 sampai 24 jam untuk bertahan di tuba falopi, Jika sel telur tidak dibuahi atau tidak ada sperma yang berhasil menuju tuba falopi, maka sel telur akan bergerak menuju rahim, kemudian hancur.
6.    Mimpi Basah
Laki-laki pubertas memproduksi sel sperma (spermatozoa), hormon testosteron mulai berfungsi dan sepasang testis (buah zakar) akan terus menerus menghasilkan sperma hingga seumur hidup. Sperma yang sudah matang akan disalurkan melalui saluran sperma atau vas deferens menuju urethra (saluran kencing). Jika tidak terjadi hubungan seksual, sel sperma ini akan keluar dengan sendirinya melalui mimpi basah.




Sesi Kegiatan Keagamaan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan