Pertemuan Rutin Bulanan Kelompok Kegiatan BKR Anggrek

KELABAT
Dipublikasi pada 08 March 2019

Deskripsi

Pertemuan rutin bulanan kelompok kegiatan BKR Anggrek Dusun Jebu Laut dilaksanakan setiap bulan pada hari Jumat diminggu pertama atau kedua.
Kegiatan pertemuan dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan Majelis taklim, adapun rangkaian kegiatan sebagai berikut :
1. pembukaan
2. tausiah atau kaji materi fikih
3. Belajar tajwid dan membaca Al Quran
4. Pemberian materi/penyuluhan mengenai Genre
5. Arisan dan kegiatan lainnya
Materi penyuluhan pertemuan bulan ini Kesiapan Berkeluarga

Ringkasan pembinaan tersebut adalah sebagai berikut :
1.    Dalam menjalani kehidupannya, remaja akan sukses melewati masa remaja apabila telah mampu menempuh 5 transisi kehidupan yaitu :
(1) Dengan mempraktikkan hidup sehat dengan terhindar dari seks pra nikah dan napza;
(2) melanjutkan sekolah kemudian
(3) mulai bekerja,
(4) berinteraksi dan menjadi anggota masyarakat dan pada akhirnya
(5) memulai kehidupan berkeluarga.
2.    Lima transisi kehidupan remaja
1.    Mempraktikkan hidup sehat, untuk menjaga kebugaran fisik, remaja harus rajin berolahraga. Hal ini sangat penting untuk mengoptimalkan perkembangan fisiknya. Selain itu, pola hidup sehat seperti makan makanan yang bergizi serta menghindari asupan yang merugikan kesehatan misalnya merokok, mengkonsumsi makanan cepat saji, narkoba
2.    Melanjutkan sekolah, selama masa anak-anak, orangtua lah yang mengatur dan menentukan pendidikan anak. Setelah remaja memasuki tahap dewasa, maka remaja sudah harus terlibat dalam merencanakan sendiri pendidikannya karena masa depan ada dalam tangannya sendiri.
3.    Merencanakan pekerjaan dan karier, Remaja perlu merencanakan pengetahuan dan keterampilan apa yang akan diambil sesuai dengan rencana pekerjaan dan karir yang diiinginkannya. Namun setiap remaja juga perlu mempersiapkan dirinya untuk menghadapi kegagalan. Ada kemungkinan mereka tidak bisa melanjutkan pendidikan, tidak memperoleh pekerjaan yang diinginkan karena belum ada lapangan pekerjaan yang sesuai.
4.    Menjadi anggota masyarakat, manusia adalah makhluk sosial yang bukan hanya membutuhkan orang lain namun juga membutuhkan interaksi dengan orang lain yang berbeda dengannya. Nilai dasar fungsi sosial budaya dalam delapan fungsi keluarga sebagai wujud nyata revolusi mental yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat oleh remaja di antaranya adalah:
a.    Gotong royong
b.    Sopan santun
c.    Kerukunan
d.    Peduli, mendalami perasaan dan pengalaman orang lain.
e.    Kebersamaan
f.    Toleransi
g.    Kebangsaan, kesadaran diri sebagai warga negara
5.    Memulai kehidupan berkeluarga
Persiapan sebelum menikah menjadi hal yang sangat penting untuk mencapai kesuksesan keluarga. Untuk memasuki jenjang pernikahan berarti calon pasangan harus siap dengan tugas dan peran baru. Hal tersebut berarti dalam memasuki kehidupan berkeluarga maka calon pasangan harus memiliki persiapan dan perencanaan yang baik.

Sesi Kegiatan Keagamaan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan