Melaksanakan kegiatan pertemuan rutin BKB Sakura

KELABAT
Dipublikasi pada 04 January 2021

Deskripsi

Kegiatan ini bertujuan untuk memantautumbuh kembang anak dan mencegah terjadinya kasus stunting, yang dihadiri oleh ibu dengan balita,
Setelah mengikuti kegiatan ini peserta menjadi lebih paham mengenai pola asuh bagi tumbuh kembang balita

Kegiatan ini terlaksana dikarenakan usaha yang dilakukan oleh kader BKB Sakura yang di fasilitasi oleh PKB Kecamatan Parittiga dengan rincian kegiatan sebagai berikut :

Adapun ringkasan kegiatan fasilitasi  tersebut adalah sebagai berikut :

1.   Pertemuan rutin kelompok yang dilaksanakan bersamaan dengan pelaksanaan kegiatan pelaksanaan posyandu balita

2.   Setelah balita ditimbang atau ibu dan balita menunggu antrian untuk dilakukan palayanan baik itu imunisasi atau pemeriksaan lain, balita bermain ape dan ibu balita berkumpul untuk mendapatkan penyuluhan

3.   Penyuluhan dan diskusi antara anggota BKB dengan kader BKB Sri Menanti mengenai tumbuh kembang balita, dengan tema Mengenal 3 Jenis ASI yang harus kita ketahui, dengan ringkasan sebagai berikut:

ü  ASI Colustrum

Asi Colustrum adalah asi yang pertama kali keluar, berwarna kuning pekat mengandung banyak zat anti bodi yang sangat bermanfaat untuk memperkuat dan menyempurnakan system kekebalan imun dari bayi yang baru dilahirkan.

Bermanfaat juga sebagai sumber gizi serta ideal untuk membersihkan meconium dari usus serta mempersiapkan saluran pencernaan makanan bagi si kecil yang baru lahir.

ü  ASI Transisi

Dihasilkan selama dua minggu pertama kelahiran si kecil. Volumenya sudah semakin bertambah banyak serta warna dan komposisinya sudah mulai berubah

ü  Asi Matur

Warnanya lebih putih dari jenis asi lainnya, kandungannya relative konstan dan tidak menggumppal jika dipanaskan. Ada dua jenis Asi Matur, yaitu :

Ø  Foremilk, merupakan asi yang mengalir dilima menit pertama dengan komposisi yang agak encer dengan kandungan rendah lemak dan tinggi laktosa, gula protein, mineral atau air

Ø  Hindmilk, asi yang keluar setelah foremilk yang lebih kental dengan kandungan yang kaya akan lemak dan nutrisi. Kedua kandungan Asi Matur sama-sama sangat dibutuhkan untuk perkembangan balita. 

4.   Pengisian KKA dan pembahasan tingkat kemampuan anak berdasarkan KKA

 

Demikian laporan kegiatan fasilitasi kepada kader Poktan BKB ini dibuat sebagaimanan mestinya.


Kegiatan ini terlaksanan dengan antusias peserta cukup baik.

Sesi Kegiatan Reproduksi

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan