Melaksanakan kegiatan pertemuan rutin BKB Sakura

KELABAT
Dipublikasi pada 03 March 2021

Deskripsi

Kegiatan ini bertujuan untuk memantautumbuh kembang anak dan mencegah terjadinya kasus stunting, yang dihadiri oleh ibu dengan balita,
Setelah mengikuti kegiatan ini peserta menjadi lebih paham mengenai pola asuh bagi tumbuh kembang balita

Kegiatan ini terlaksana dikarenakan usaha yang dilakukan oleh kader BKB Sakura yang di fasilitasi oleh PKB Kecamatan Parittiga dengan rincian kegiatan sebagai berikut :

1.   Pertemuan rutin kelompok yang dilaksanakan bersamaan dengan pelaksanaan kegiatan pelaksanaan posyandu balita

2.   Setelah balita ditimbang atau ibu dan balita menunggu antrian untuk dilakukan palayanan baik itu imunisasi atau pemeriksaan lain, balita bermain ape dan ibu balita berkumpul untuk mendapatkan penyuluhan mengenai pola asuh anak pada kelompok umur tertentu

3.   Penyuluhan dan diskusi antara anggota BKB dengan kader BKB Sakura mengenai tumbuh kembang balita, dengan tema Kesehatan Reproduksi Balita. Dengan ringkasan penyuluhan dan diskusi sebagai berikut:

Ø  pendidikan seksual dan reproduksi yang diberikan sejak dini dengan cara yang tepat mampu membentuk perilaku seks yang sehat di masa mendatang. Lebih jauh, edukasi seksual dan reproduksi sejak dini juga turut mencegah terjadinya tindakan yang tidak senonoh, mencegah tindakan pedofilia, serta membuat individu lebih dekat dengan orang tuanya

Ø  Supaya tepat sasaran, hal-hal yang diajarkan harus sesuai dengan usia anak saat Secara garis besar, berikut adalah panduan pendidikan seksual dan reproduksi sesuai usia si Kecil:

1)   0–2 tahun

ü  Pada usia ini, si Kecil biasanya akan tertarik dengan bagian-bagian dari anggota tubuhnya. Dalam menyikapinya, orang tua sebaiknya mengajarkan tentang nama-nama dari anggota tubuh tersebut.

ü  Sebutkan dengan nama yang sebenarnya, bukan sebutan lain atau hal yang tidak ada hubungannya. Ini bertujuan agar si Kecil tidak bingung, sehingga bisa memiliki pemahaman positif terhadap anggota tubuhnya.

2)   3–5 tahun

ü  Memasuki rentang usia ini, si Kecil biasanya akan mengerti tentang perbedaan jenis kelamin. Agar tidak salah kaprah, jelaskan dengan ringkas menggunakan bahasa yang mudah dimengerti mengenai perbedaan antara pria dan wanita.

ü  Ingatkan pula bahwa anggota tubuhnya adalah milik dirinya sendiri, terlebih bagian kemaluan. Sehingga, tak ada orang lain yang boleh menyentuh, kecuali dirinya sendiri dan orang tuanya.

4.   Pengisian KKA dan pembahasan tingkat kemampuan anak berdasarkan KKA

 

Demikian laporan kegiatan fasilitasi kepada kader Poktan BKB ini dibuat sebagaimanan mestinya.

 


Kegiatan ini terlaksanan dengan antusias peserta cukup baik.

Sesi Kegiatan Reproduksi

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan