Melaksanakan kegiatan pertemuan rutin BKB Sakura

KELABAT
Dipublikasi pada 04 July 2021

Deskripsi

Kegiatan ini bertujuan untuk memantau tumbuh kembang anak dan mencegah terjadinya kasus stunting, yang dihadiri oleh ibu dengan balita,
Setelah mengikuti kegiatan ini peserta menjadi lebih paham mengenai pola asuh bagi tumbuh kembang balita

Kegiatan ini terlaksana dikarenakan usaha yang dilakukan oleh kader BKB Sakura yang di fasilitasi oleh PKB Kecamatan Parittiga dengan rincian kegiatan sebagai berikut :

1.      Pertemuan Dibuka Pada Pukul 09.00 Oleh Kader BKB Setelah Kegiatan Posyandu.

2.      Disampaikan materi mengenai Dapak pandemi covid-19 bagi hubungan keluarga :

ü  Dampak positif

Masa karantina mandiri yang sudah dijalani hampir 2 bulan lamanya, secara tidak langsung memberikan banyak waktu untuk lebih saling mengenal antar anggota keluarga.

Misalnya, jika selama ini orang tua kurang tahu apa- apa mengenai anaknya. Setelah menghabiskan banyak waktu selama karantina mandiri, mereka jadi mengenal berbagai kebiasaan anak. Tanpa disadari, pandemic memberikan kesempatan oran tua untuk lebih mengenal anak- anak mereka.Selain itu, anggota keluarga juga dapat saling menyesuaikan diri dan menyelesaikanpersoalan bersama- sama.

ü  Dampak Negatif

Jika dari sisi positif anggota keluarga bisa semakin mengenal satu sama lain, dampak negatif karantina mandiri selama pandemi yang mungkin terjadi pada hubungan keluarga adalah seringnya terjadi perdebatan. Semakin sering anggota keluarga bertemu, maka perdebatan makin sering terjadi. Hal ini umumnya terjadi karena adanya perbedaan pendapat.

3.      Pengisian Kartu kembang  Anak oleh kader Bina Keluarga Balita untuk setiap anggota.

4.      Membuat pencatatan dan pelaporan kegiatan, seperti mengisi R/I, C/I dan buku notulen kegiatan.

Kegiatan ini terlaksanan dengan antusias peserta cukup baik.

Sesi Kegiatan Reproduksi

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan