Pertemuan Pokja Kampung KB

Kampung KB Kalurahan Trirenggo
Dipublikasi pada 18 June 2023

Deskripsi

Inti materi disampaikan oleh Koordinator Penyuluh KB Kapanewon Bantul, Ibu Nurwendah Dwi R,S.TP,MM  terkait Pokja Kampung KB : Pokja kampung KB saat ini tidak hanya dalam lingkup padukuhan saja, melainkan juga lingkup kalurahan. Hal ini berarti bahwa Kampung KB pengelolaannya melibatkan seluruh wilayah padukuhan.

Pokja yang sudah berjalan baik di Kalurahan Bantul sama halnya di Kalurahan Trirenggo diantaranya Pokja yang menangani lingkungan dan pembangunan serta pokja pendidikan.

Masih perlu adanya pokja yang secara serius menangani tentang Rumah Data Kependudukan. Rumah DataKu adalah rumah/tempat yang difungsikan sebagai pusat data dan intervensi permasalahan kependudukan yang mencakup sistim pengelolaan dan pemanfàatan data kependudukan di tingkat mikro mulai dari mengidentifikasi, mengumpulkan, menverifikasi, menganalisis, data yang bersumber dari, oleh dan masyarakat sebagai basis untuk intervensi pembangunan di kampung KB dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan untuk meningkatkan kinerja Rumah dataKu BKKBN Pusat telah meluncurkan satu aplikasi Rumah DataKu yang dapat membantu pengurus Rumah DataKu dalam penginputan, pengolahan, dan penyajian data. Data yang dimasukkan kedalam Rumah DataKu antara lain mencangkup tentang Kesehatan serta Data tentang Bina Keluarga Balita, Demografi Kependudukan, Data Kependudukan, Bina Keluarga Remaja, Bina Keluarga Lansia, dan Data Pus Kesertaan Ber-KB. Seanjutnya data tersebut perlu di tampilkan di kalurahan agar dapat dimanfaatkan oleh berbagai pihak.

Kegiatan ini terlaksanan dengan antusias peserta cukup baik.

Sesi Kegiatan Lainnya

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan