PERTEMUAN KETAHANAN KELUARGA BERBASIS KELOMPOK KEGIATAN

POH BERGONG
Dipublikasi pada 16 May 2023

Deskripsi

Dalam rangka memberikan Informasi, Pemahaman dan Keterampilan kepada masyarakat tentang Program Bangga Kencana maka pada hari ini Rabu tanggal Tujuhbelas Mei Dua Ribu Dua Puluh Tiga (17/5/2023) bertempat di ruang pertemuan Kantor Perbekel Desa Poh Bergong Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng, telah diadakan Kegiatan Pertemuan Ketahanan Keluarga Berbasis Kelompok Kegiatan di Kampung Keluarga Berkualitas . Yang di tunjuk memberikan materi pada kegiatan ini PPKBD/ Sub.PPKBD dengan tema Dapur Sehat Atasi Stunting ( DASHAT )“ dan Koordinator PKB/PLKB atau yang di tunjuk dengan tema “ Pengasuhan dan Pembinaan Tumbuh Kembang Anak “ yang dimulai pukul 10.00 Wita. Kegiatan ini didampingi oleh tim Pembina Dinas P2KBP3A Kab. Buleleng dan PKB/PLKB Desa Poh Bergong Kecamatan Buleleng, dengan jumlah peserta undangan 35 orang terdiri dari unsur keluarga yang memiliki balita, ibu hamil dan menyusui, keluarga yang mempunyai remaja usia 10-24 tahun yang belum menikah, remaja dengan usia 10-24 tahun yang belum menikah, kader Poktan ( BKB, BKR, BKL dan UPPKA ), pengelola DASHAT, PKB/PLKB dan 5 orang Tim dari Dinas P2KBP3A Kab. Buleleng ( Laki-laki 10 orang dan Perempuaan 30 orang ). Pembukaan oleh Perbekel Desa Poh Bergong (Wayan Wagia,S.Sos). Sambutan oleh Fungsional KK Dinas P2KBP3A Kab Buleleng ( Made Serina, S. Kom ) sekaligus menyampaikan Program Bangga Kencana. Materi yang di sampaikan oleh Sub. PPKBD Desa Poh Bergong ( Nyoman Juniari ) pada pertemuan ini DASHAT yang meliputi:

1.      Pengertian Dapur

2.      Pengertian Dapur Sehat

3.      Pengertian DASHAT

4.      Tujuan DASHAT

5.      Pemanfaatan pangan lokak

6.      Bagian dalam makanan yang seimbang.

Koordinator PKB/PLKB Kecamatan Buleleng yang di wakili oleh PLKB Kelurahan Kendra ( Ida Ayu Putu Sarmini ) menyampaikan materi Pengasuhan 1000 Hari Pertama Kehidupan, Pertumbuhan dan Perkembangan Anak meliputi :

1.      Pentingnya 1000 HPK

2.      Sasaran 1000 HPK

3.      Peran 1000 HPK dalam mencegah Stunting

4.      Dampak negatif jangka pendek dan panjang kekurangan Gizi buruk

5.      10 pokok masalah HPK

6.      Pola asuh di bagi menjadi 4 bagian

7.      Cara menyusui yang benar

8.      Pengasuhan yang bijak

9.      Tumbuh kembang anak

10.  Tahapan perkembangan anak sesuai usianya.

Pada kegiatan ini Fungsional KKB DP2KBP3A Kab Buleleng ( Kadek Sri Kusumawati ) menyampaikan tambahan materi Kesehatan Reproduksi meliputi :

1.       Pengertian Kesehatan Reproduksi

2.          Orga – orga reproduksi laki – laki dan perempuan

3.          Cara menjaga kebersihan alat reproduksi laki – laki dan perempuan

4.         Hal – hal penting dalam menjaga kesehatan reproduksi laki – laki dan perempuan

Hasil yang diharapkan dalam pertemuan kali ini yaitu meningkatnya Pemahaman, Keterampilan dan Partisipasi keluarga atau anggota keluarga yang merupakan sasaran Program Bangga Kencana dalam kelompok kelompok kegiatan ( Poktan ) di Kampung Keluarga Berkualitas Desa Poh Bergong.

Pertemuan ditutup oleh Perbekel Desa Poh Bergong pada Pukul 13.30 Wita. Sebelum pulang peserta di berikan nasi kotak dan uang transport.

          Demikian notulen rapat ini dibuat untuk dapat digunakan sebagai mestinya.

Sesi Kegiatan Pendidikan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan