Pembinaan kepada Kelompok Kegiatan BKB Teratai kelurahan Sungai Andai

Sungai Andai
Dipublikasi pada 08 May 2023

Deskripsi

I.              PENDAHULUAN

Visi Program KB yaitu menjadi lembaga yang handal dan dipercaya dalam mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan keluarga berkualitas. Setelah  melewati tahun 2021 ternyata masalah kependudukan masih banyak yang dihadapi oleh Pemerintah Indonesia. Salah satu masalah kependudukan adalah makin tinggiya anak tumbuh dalam keadaan stunting.

Stunting adalah gangguan pertumbuhan kronis pada anak akibat kekurangan nutrisi dalam waktu lama, sehingga anak yang terkena stunting umumnya bertubuh lebih pendek dibanding anak seusianya. Di Indonesia, angka stunting cukup tinggi, yaitu sekitar 7,8 juta dari 23 juta balita atau sekitar 35,6 persen. Angka ini menyebabkan WHO menetapkan Indonesia sebagai negara dengan status gizi buruk untuk balita dan anak-anak.

Oleh karena itu, diperlukan kesiapan keluarga, khususnya keluarga balita itu sendiri atau keluarga yang merawat balita untuk membinanya melalui kelompok kegiatan Bina Keluarga Balita (BKB).

 

II.           MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud dilakukannya Bina Ketahanan Keluarga Kelompok BKB Teratai di Kelurahan Sungai Andai adalah :

-          Memberikan Informasi tentang Aspek Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Dan Balita

 

Tujuan Bina Ketahanan Keluarga Kelompok BKB Teratai di Kelurahan Sungai Andai adalah :

-          Meningkatkan pengetahuan Kader BKB dan Anggota BKB terkait aspek-aspek penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak

-          Meningkatkan pengawasan orangtua dalam membimbing bayi dan balita sesuai dengan tumbuh kembangnya.

 

III.        RUANG LINGKUP

Kegiatan Bina Ketahanan Keluarga Kelompok BKB Teratai di Kelurahan Sungai Andai Timur melalui pertemuan tatap muka antara kader pengurus dan anggota kelompok BKB.

Sasaran kegiatan Kelompok BKB Teratai di Kelurahan Sungai Andai  adalah :

-          Kader BKB

-          Anggota BKB

 

IV.        HASIL KEGIATAN

Berdasarkan hasil Bina Ketahanan Keluarga Kelompok BKB Teratai di Kelurahan Sungai Andai adalah sebagai berikut :

1.      Penyuluh Bangga kencana melakukan Pembinaan Tugas, pokok dan fungsi (tupoksi) kader BKB dalam menjalankan kegiatan BKB serta arahan pada orang tua yang memiliki anak bayi dan balita yaitu bagaimana kader BKB mampu dengan sukarela membina dan memberikan Penyuluhan pada orang tua yang memiliki bayi dan balita.

2.      Penyuluh Bangga Kencana menjelaskan bahwa tidak hanya kebutuhan fisik saja yang perlu diperhatikan, melainkan juga hal-hal yang bersifat agama, kognitif, sosial emosional, kejiwaan, bahasa dan seni. Setiap aspek ini berpengaruh satu sama lain dalam mempersiapkan si Kecil menjadi pribadi yang sehat, baik secara jasmani maupun jiwa

 


Hasil Yang Dicapai :

1.      Kader menjadi  paham akan perannya dalam kegiatan BKB, sehingga mereka  mampu memberikan penyuluhan kepada ibu bayi  balita tentang pengasuhan anak yang benar.

2.      Kepada orang tua yang memiliki anak bayi dan balita diharapkan mampu memantau tumbuh kembang anaknya sesuai petunjuk yang ada di kartu kembang anak  (KKA) serta memahami cara mengasuh anak bayi dan balita, dengan banyak membaca dan bertanya kepada kader BKB yang ada diwilayahnya.

3.      Orang tua anggota BKB  dan kader harus mampu menerapkan pola asuh yang baik dan benar pada anak-anaknya

 

 

V.           KESIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulan pada kegiatan ini adalah perlu adanya pembinaan secara berkelanjutan bagi keluarga yang memiliki Bayi dan Balita.

Sesi Kegiatan Pendidikan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan