Pembinaan kepada PIK R SMPN 27 Banjarmasin

Sungai Andai
Dipublikasi pada 08 May 2023

Deskripsi

1.      PENDAHULUAN

          Remaja merupakan masa transisi seseorang dari masa anak-anak untuk menuju masa dewasa. Remaja memiliki keunikan dalam tahap pertumbuhan dan perkembangannya yang pesat secara fisik, psikologis maupun sosial. Remaja merupakan masa yang penuh dengan goncangan dan stres karena masalah yang dialami terlihat begitu kompleks.

          Salah satu masalah yang harus diperhatikan dalam perkembangan remaja adalah kesehatan reproduksinya yang meliputi sistem, fungsi, dan proses reproduksi agar selalu sehat. Pengertian sehat disini tidak hanya bebas penyakit atau bebas dari kecacatan tetapi sehat secara mental, sosial dan kultural. Oleh karena itu, diperlukan suatu wadah konseling kesehatan reproduksi (KRR) bagi para remaja, yang bertugas memberikan informasi terkait dengan kesehatan reproduksi remaja.

 

2.      MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud dilakukannya Pelaksanaan Bina Ketahanan Keluarga Kelompok PIK R SMPN 27 Banjarmasin adalah memberikan Informasi tentang  Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja (PKBR), Pendewasaan Usia Perkawinan, Keterampilan Hidup (Life Skills), Pelayanan Konseling dan Rujukan PKBR.

Tujuan Pelaksanaan Bina Ketahanan Keluarga Kelompok PIK R SMPN 27 Banjarmasin adalah :

-          Memonitoring keefektifitasan kegiatan kelompok PIK R Bagi Remaja di Sekolah

-          Memantau peran serta pengurus dalam kelompok PIK R

 

3.      RUANG LINGKUP

Kegiatan Pelaksanaan Bina Ketahanan Keluarga Kelompok PIK R SMPN 27 Banjarmasin bertempat di ruang UKS SMPN 27 Banjarmasin.

            Sasaran  kegiatan  Kelompok PIK R SMPN 27 Banjarmasin adalah :

-          Guru Pendamping pengelola PIK R

-          Pengurus PIK R

-          Remaja

 

4.      HASIL KEGIATAN

-          Sasaran meningkat pengetahuannya  bahwa Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK Remaja) adalah suatu wadah kegiatan program PKBR yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja guna memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang Perencanaan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja serta kegiatan-kegiatan penunjang lainnya.

-          Sasaran memahami tujuan PIK-R memberikan informasi PKBR (Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja), pendewasaan usia perkawinan, Ketrampilan Hidup (Life skills), pelayanan konseling dan rujukan PKBR, disamping itu juga dikembangkan kegiatan-kegiatan lain yang khas dan sesuai minat dan kebutuhan remaja untuk mencapai Tegar Remaja dalam rangka Tegar Keluarga guna mewujudkan keluarga Kecil bahagia Sejahtera. 

5.    KESIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulan pada kegiatan ini adalah Pengurus PIK-R akan berusaha mengajak siswa-siswi SMPN 27 Banjarmasin untuk bisa berpartisipasi dalam kegiatan PIK R.

Sesi Kegiatan Pendidikan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan