Pembinaan Kepada PIK R SMPN 27 Banjarmasin

Sungai Andai
Dipublikasi pada 08 May 2023

Deskripsi

1.      PENDAHULUAN

          Remaja merupakan masa transisi seseorang dari masa anak-anak untuk menuju masa dewasa. Remaja memiliki keunikan dalam tahap pertumbuhan dan perkembangannya yang pesat secara fisik, psikologis maupun sosial. Remaja merupakan masa yang penuh dengan goncangan dan stres karena masalah yang dialami terlihat begitu kompleks.

          Salah satu masalah yang harus diperhatikan dalam perkembangan remaja adalah kesehatan reproduksinya yang meliputi sistem, fungsi, dan proses reproduksi agar selalu sehat. Pengertian sehat disini tidak hanya bebas penyakit atau bebas dari kecacatan tetapi sehat secara mental, sosial dan kultural. Oleh karena itu, diperlukan suatu wadah konseling kesehatan reproduksi (KRR) bagi para remaja, yang bertugas memberikan informasi terkait dengan kesehatan reproduksi remaja.

 

2.      MAKSUD DAN TUJUAN

                        Maksud dilakukannya Pelaksanaan Bina Ketahanan Keluarga Kelompok PIK R SMPN 27 Banjarmasin adalah memberikan Informasi tentang  Kebersihan Organ Reproduksi bagi Laki-laki dan Perempuan.

Tujuan Pelaksanaan Bina Ketahanan Keluarga Kelompok PIK R SMPN 27 Banjarmasin adalah untuk meningkatkan pengetahuan pengurus PIK R terkait bagaimana cara menjaga kebersihan Organ Reproduksi bagi laki-laki dan Perempuan khususnya untuk mencegah penularahan penyakit seksual.

 

3.      RUANG LINGKUP

Kegiatan Pelaksanaan Bina Ketahanan Keluarga Kelompok PIK R SMPN 27 Banjarmasin bertempat di ruang UKS SMPN 27 Banjarmasin.

            Sasaran  kegiatan  Kelompok PIK R SMPN 27 Banjarmasin adalah :

-          Guru Pendamping pengelola PIK R

-          Pengurus PIK R

-          Remaja

 

4.      HASIL KEGIATAN

-          Sasaran meningkat pengetahuannya  bahwa kebersihan organ reproduksi harus selalu dijaga agar terhindar dari infeksi. Alat kelamin bagian luar harus dibersihkan paling tidak sekali atau dua kali dalam sehari menggunakan pembersih yang lembut seperti sabun. hindari pembersihan yang mengandung wewangian dan pemutih. pakailah handuk yang bersih, kering, tidak lembab dan tidak berbau. pakaian dalam diganti minimal dua kali sehari.

-          Sasaran mampu mempublikasikan hasil pembinaan kepada anggota PIK R lainnya dengan menggunakan metode KIE Kelompok.

 

5.  KESIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulan pada kegiatan ini adalah Pengurus PIK-R akan berusaha mengajak siswa-siswi SMPN 27 Banjarmasin untuk bisa berpartisipasi dalam kegiatan PIK R.

Sesi Kegiatan Pendidikan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan