Pembinaan kepadaPIK R jalur Sekolah di SMPN 35 Banjarmasin

Sungai Andai
Dipublikasi pada 08 May 2023

Deskripsi

1.      PENDAHULUAN

                        Remaja merupakan masa transisi seseorang dari masa anak-anak untuk menuju masa dewasa. Remaja memiliki keunikan dalam tahap pertumbuhan dan perkembangannya yang pesat secara fisik, psikologis maupun sosial. Remaja merupakan masa yang penuh dengan goncangan dan stres karena masalah yang dialami terlihat begitu kompleks.

                        Salah satu masalah yang harus diperhatikan dalam perkembangan remaja adalah kesehatan reproduksinya yang meliputi sistem, fungsi, dan proses reproduksi agar selalu sehat. Pengertian sehat disini tidak hanya bebas penyakit atau bebas dari kecacatan tetapi sehat secara mental, sosial dan kultural. Oleh karena itu, diperlukan suatu wadah konseling kesehatan reproduksi (KRR) bagi para remaja, yang bertugas memberikan informasi terkait dengan kesehatan reproduksi remaja.

 

2.      MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud dilakukannya Pelaksanaan Bina Ketahanan Keluarga Kelompok PIK R SMPN 35 Banjarmasin adalah memberikan Informasi tentang  Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja (PKBR), Pendewasaan Usia Perkawinan, Keterampilan Hidup (Life Skills), Pelayanan Konseling dan Rujukan PKBR.

 

Tujuan Pelaksanaan Bina Ketahanan Keluarga Kelompok PIK R SMPN 35 Banjarmasin adalah :

-          Memonitoring keefektifitasan kegiatan kelompok PIK R Bagi Remaja di Sekolah

-          Memantau peran serta pengurus dalam kelompok PIK R

 

3.      RUANG LINGKUP

Kegiatan Pelaksanaan Bina Ketahanan Keluarga Kelompok PIK R SMPN 35 Banjarmasin bertempat di ruang Osis SMPN 35 Banjarmasin.

Sasaran  kegiatan  Kelompok PIK R SMPN 35 Banjarmasin adalah :

-            Guru Pendamping pengelola PIK R

-            Pengurus PIK R

-            Remaja

 

4.      Hasil Pembinaan         :

Sasaran mengetahui Berencana ialah ‘perencanaan hidup dalam sebuah keluarga terkait 4 persiapan kehidupan berumah tangga bagi remaja, yaitu :

-          Merencanakan Usia Pernikahan

-          Hubungan Sosial yang Harmonis.

-          Merencanakan menjadi orang tua yang sehat

-          Merencanakan keluarga berkualitas.

 

5.      KESIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulan pada kegiatan ini adalah Pengurus PIK-R akan berusaha mengajak siswa-siswi SMPN 35 Banjarmasin untuk bisa berpartisipasi dalam kegiatan PIK R dan mulai menggalakkan informasi terkait perencanaan hidup dalam sebuah keluarga bagi remaja

Sesi Kegiatan Pendidikan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan