Pertemuan Kegiatan Ketahanan Keluarga Berbasis Kelompok Kegiatan (POKTAN)

Air Satan
Dipublikasi pada 09 September 2020

Deskripsi

Pijat bayi untuk tumbuh kembang bayi optimal

Pijat bayi merupakan sentuhan cinta sebagai salah satu stimulasi multisensory yang dapat mendorong perkembangan dan pertumbuhan bayi secara optimal, terutama jika dilakukan pada masa golden period 1000 hari pertamanya.

Rutinitas pijat bayi dengan sentuhan ibu memiliki banyak manfaat untuk bayi maupun ibu, seperti:
• memperlancar peredaran darah yang sehat
• memperkuat kekebalan tubuh
• memperlancar pencernaan bayi dengan menambah napsu makan, mencerna, dan menyerap makanan sehingga membantu menambah berat badan bayi
• membantu bayi untuk relaksasi, tidur lebih nyenyak, dan lebih lama
• membantu meredakan ketidaknyamanan (kolik, tumbuh gigi)
• membantu memperkuat masa tulang
• meningkatkan ikatan emosional bayi dengan orang tua karena meningkatkan produksi hormon oksitosin bagi bayi dan juga ibu (hormon yang membuat merasa nyaman dan dicintai)
Penelitian menunjukkan bahwa sentuhan dan pijat bayi rutin dari orang tua atau pengasuh adalah faktor yang krusial untuk pertumbuhan, komunikasi, serta proses belajar si Kecil sehingga bayi dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal. "Pijat bayi itu baik untuk peredaran darah di tubuh bayi. Gerakannya mengarah ke jantung, mengarah ke seluruh tubuh dari ujung kaki ke ujung kepala. Bayi yang dipijat motoriknya bagus, nafsu makan jadi baik, Bayi tanpa pijat tumbuh kembangnya bagus tapi jika ditambah pijat tumbuh kembangnya lebih baik lagi. Lalu satu hal yang diingat. Memijat itu 10-15 menit saja dan bukan sambil bermain handphone atau sibuk dengan yang lain. Pijatlah anak sambil bernyanyi, ngomong sama mereka. Lalu, anak dipijat oleh ibunya sendiri atau keluarga terdekat bukan oleh pengasuh.

Sesi Kegiatan Keagamaan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan