Pembinaan Kelompok Tribina (BKB, BKR, BKL) di Kampung KB Pancur Mas

PANCUR MAS
Dipublikasi pada 16 November 2020

Deskripsi

Kegiatan Pembinaan Kelompok Tribina dilakukan di PAUD Makarti Jaya. Kegiatan dihadiri oleh 30 orang peserta dari Kelompok BKB, BKR dan BKL, 1 PPKBD, 4 orang PLKB selaku pemateri dan Koordinator PKB Kecamatan Tebing Tinggi selaku fasilitator kegiatan pembinaan.
Kegiatan dimulai dengan pengarahan oleh Koordinator PKB Kecamatan Tebing Tinggi mengenai Tugas dan Fungsi kader Tribina sebagai Kelompok Kegiatan yang mewakili BKKBN di tingkat desa. Koordinator PKB juga memberikan arahan supaya Kelompok Tribina ini segera memanfaatkan alat bantu penyuluhan yang telah dibagikan di pertemuan sebelumnya, yaitu BKB Kit dan BKL Kit.
Lalu, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi Ketahanan Keluarga oleh PLKB. Di sini PLKB menjelaskan berbagai Fungsi Keluarga, lalu hubungannya dengan program Ketahanan Keluarga. PLKB juga menekankan bahwa dalam hal ini peran kader tribina sangatlah penting. Di mana tugas utama tribina adalah memberikan pembinaan kepada keluarga yang menjadi sasaran kelompok tribina. Dengan melakukan pembinaan secara rutin dan berkala, niscaya keluarga yang menjadi sasaran akan memahami 8 fungsi keluarga, lalu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga tercapailah Ketahanan Keluarga.
Acara dilanjutkan dengan belajar dan praktek penyuluhan oleh Kelompok BKL dengan memilih salah satu materi di BKL Kit, agar bisa melakukan praktek pembinaan di pertemuan selanjutnya.
Sesi Kegiatan Kasih Sayang

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan