PERTEMUAN KETAHANAN KELUARGA BERBASIS POKTAN

Desa Tembok
Dipublikasi pada 22 October 2023

Deskripsi

Kegiatan ini bertujuan untuk...., yang dihadiri oleh.....,
Setelah mengikuti kegiatan ini peserta menjadi ......

Dalam rangka memberikan Informasi, Pemahaman dan Keterampilan kepada masyarakat dalam upaya meningkatkan partisipasi keluarga atau anggota keluarga yang merupakan sasaran Program Bangga Kencana, maka pada hari ini Senin tanggal Dua Puluh Tiga Oktober Dua Ribu Dua Puluh Tiga (23/10/2023) bertempat di ruang pertemuan Kantor Perbekel Desa Tembok Kecamatan Tejakula Kabupaten Buleleng, telah diadakan Kegiatan Pertemuan Ketahanan Keluarga Berbasis Kelompok Kegiatan di Kampung Keluarga Berkualitas . Kegiatan dibuka oleh Plt Perbekel Desa Tembok atas nama Ketut Tirta Yasa didampingi oleh tim dari Dinas P2KBP3A Kabupaten Buleleng di mulai pukul 10.00 Wita, sambutan saya sendiri Penata KKB DP2KBP3A Kab. Buleleng sambil menyampaikan gambaran umum pesiapan berkelurga karena banyak faktor yang di siapakan seperti faktor finasial, fisik, mental, emosinal dan lain-lain. Dengan jumlah peserta 30 orang, 28 orang peserta dari Desa terdiri dari unsur keluarga yang mempunyai remaja usia 10-24 tahun yang belum menikah, remaja dengan usia 10-24 tahun yang belum menikah dan 2 orang Tim dari Dinas P2KBP3A Kab. Buleleng . Yang memberikan materi pada pertemuan ini PKB/PLKB Desa Sambirenteng ( Ngetis Rahayu ) dengan Tema “ Penyiapan Perencanaan Kehidupan Berkeluarga dan Generasi Berkualitas Bagi Remaja “ diataranya:

a.       Permasalahan pada remaja meliputi : ( tawuran, perkelahian, narkoba, rokok, miras dan pergaulan bebas ).                        

b.      Upaya Menangulangi Permasalahan pada remaja dengan Program Bina Keluarga Remaja ( BKR )

dan Pusat Informasi Konseling Remaja ( PIK-R ).

c.       Delapan fungsi keluarga meliputi : fungsi agama, fungsi sosial budaya, fungsi ekonomi, fungsi cinta kasih, fungsi pendidikan, fungsi reproduksi, fungsi perlindungan dan fungsi lingkungan.

d.      Persiapan berkeluarga dimulai dari remaja                                   

e.       Perencanaan berkeluarga bagi remaja meliputi : keluarga yang baru menikah, keluarga dengan anak pertama, keluarga dengan anak prasekolah, keluarga dengan anak usia sekolah, keluarga dengan anak remaja, keluarga dengan anak dewasa, keluarga usia pertengahan dan keluarga lansia.                                                                                                                                                                                

f.        Tahapan Kehidupan Remaja meliputi : mempraktikan hidup sehat, melanjutkan sekolah, mencari pekerjaan, menjadi anggota masyarakat yang baik dan memulai kehidupan berkeluarga.                  

g.      10 Dimensi kesiapan berkeluarga meliputi : kesiapan usia, kesiapan fisik, kesiapan mental, kesiapan finansial, kesiapan emosional, kesiapan moral, kesiapan sosial, kesiapan interpersonal, ketrampilan hidup dan kesiapan intelektual.                                                                  

h.      hal-hal yang perlu direncanakan dalam kehidupan berkeluarga agar menghasilkan keluarga yang   berkualitas  meliputi : merencanakan usia pernikahan, membina hubungan antar pasangan, mengasuh anak usia balita, merencanakan anak pertama, mengatur jarak kehamilan dan berhenti melahirkan di usia 35 tahun.                      

Kegiatan ini bertujuan memberikan informasi, pemahaman, keterampilan kepada masyarakat khususnya remaja dan keluarga yang memiliki remaja agar memiliki perencanaan berkeluarga yang baik dan matang, menciptakan Generasi Berencana ( Genre ), mencega terjadinya pernikahan usia dini,  menurunkan tingkat perceraian yang di akibatkan oleh pernikahan dini, mencegah adanya Stunting dan terciptanya keluarga yang berkualitas.

Pertemuan ditutup oleh Perbekel Desa Tembok pada Pukul 13.30 Wita. Sebelum pulang peserta di berikan nasi kotak dan uang transport
Sesi Kegiatan Pendidikan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan