PENDATAAN POLA KONSUMSI PANGAN MASYARAKAT DI DESA ALASANGKER

Alasangker
Dipublikasi pada 18 June 2023

Deskripsi

Pola konsumsi pangan adalah susunan makanan yang mencakup jenis dan jumlah bahan makanan rata-rata perorang perhari yang umum dikonsumsi atau dimakan penduduk dalam jangka waktu tertentu (Pusat Pengembangan Konsumsi Pangan, 2003). berpengaruh terhadap sikap pemilihan bahan makanan yang akan dikonsumsi. Senin 19 Juni 2023 bertempat di Ruang Aula Kantor Perbekel Desa Alasangker. Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan melaksanakan pendataan pola konsumsi pangan di masyarakat Desa Alasangker.

Kegiatan ini diselenggarakan langsung oleh Tim dari Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan. Yang dihadiri pula oleh Perbekel Desa Alasangker, BPD, Kelian Banjar Dinas se Alasangker, Perangkat Desa dan 20 warga Ibu-ibu kategori miskin extreme.

Dalam kesempatannya Perbekel Desa Alasangker Bapak I Wayan Sitama menyampaikan Pola konsumsi yang baik adalah pola konsumsi yang diasup secara beragam, berimbang, bergizi dan aman. Konsumsi yang beragam adalah bahan pangan yang dikonsumsi tersebut harus beragam dan tidak hanya bergantung pada satu jenis bahan pangan saja. Konsumsi yang berimbang adalah sumbangan setiap jenis sumber pangan harus tercukupi tanpa salah satunya mengalami kelebihan ataupun kekurangan. Bahan pangan yang aman adalah kondisi bahan pangan yang terhindar dari zat-zat berbahaya jika dikonsumsi. Beliau berharap agar Ibu-ibu yang hadir saat ini bisa mencermati apa yang sudah dijelaskan dan diterapkan langsung dirumahnya masing-masing.

Tim Dari Dinas Ketahanan pangan menyampaikan sosialisasi kepada Ibu-ibu yang hadir. Berdasarkan keterangan tersebut diketahui pola konsumsi Masyarakat di Wilayah Desa Alasangker masih didominasi oleh tingginya konsumsi dari sumber pangan karbohidrat, terutama beras. Oleh sebab itu diperlukan perubahan dalam pola konsumsi pangan dengan meningkatkan pendidikan, pengetahuan gizi, dan kesejahteraan masyarakat, sehingga status gizinya tercukupi. Penelitian ini bertujuan memetakan dan menganalisis Penanganan Pola Konsumsi Pangan Masyarakat di Wilayah Desa Alasangker.

Sesi Kegiatan Pembinaan Lingkungan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan