REMBUG STUNTING WUJUDKAN KOMITMEN BERSAMA TANGANI STUNTING DI DESA ALASANGKER

Alasangker
Dipublikasi pada 22 June 2023

Deskripsi

Rembuk stunting merupakan suatu langkah penting yang harus dilakukan pemerintah Desa untuk memastikan terjadinya integrasi pelaksanaan intervensi penurunan stunting secara bersama-sama antara Perangkat Daerah penanggung jawab layanan dengan sektor/lembaga non-pemerintah dan masyarakat. Jumat, 23 Juni 2023 bertempat di Ruang rapat Kantor Perbekel Desa Alasangker. Badan Permusyawarat Desa melaksanakan  rembug stunting.

Kegiatan  ini di selenggarakan langsung oleh BPD yang dihadiri pula oleh Perbekel Desa Alasangker Beserta Perangkat Desa,  Kelian Desa Adat Bale Agung Tenaon, LPM, Kelian Banjar Dinas se Alasangker,  Ketua dan Pengurus PKK, Kader KPM Desa Alasangker TP2S Desa Alasangker,  Kepala Pustu dan Bidan Desa, Pendamping Desa dan Tim Pendamping Keluarga.

Dalam sambutannya Perbekel Desa Alasangker yang diwakili Sekretaris Desa Bapak Ketut Purnada menyampaikan Pertemuan Rembuk Stunting  di Desa Alasangker tahun 2023 sebagai salah satu rangkaian siklus perencananan pembangunan .Komitmen pemerintah Desa Alasangker dalam pencegahan dan penurunan stunting melalui kegiatan intervensi penurunan stunting yang terintegrasi, terkoordinir, konvergen dan efektif yang berdampak menurunya Angka Stunting di Desa Alasangker.

Selanjutnya dilaksanakan pemaparan materi dari Puskesmas Buleleng III Stunting adalah kondisi gagal pertumbuhan pada anak (pertumbuhan tubuh dan otak) akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama. Sehingga, anak lebih pendek atau perawakan pendek dari anak normal seusianya dan memiliki keterlambatan dalam berpikir. Umumnya disebabkan asupan makan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi. Adapun pencegahan stunting yang dapat dilakukan dengan :

1. Memberikan pemahaman dan sosialisasi kepada calon pengantin

 terkait pencegahan stunting

2. Memenuhi kebutuhan gizi sejak hamil

3. Beri Asi Eksklusif sampai bayi berusia 6 bulan

4. Dampingi Asi Eksklusif dengan MPASI sehat

5. Terus memantau tumbuh kembang anak

6. Selalu menjaga kebersihan lingkungan.

Dalam hal ini pentingnya informasi dan sosialisasi kepada masyarakat  tentang dampak dari stunting. Pemerintah Desa Alasangker berharap dengan dilaksanakannya rembug stunting masyarakat lebih memahami masalah tentang kesehatan dan gizi pada anak-anaknya demi masa depan kita bersama dan mewujudkan anak-anak yang sehat dan cerdas.

 

Sesi Kegiatan Pembinaan Lingkungan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan