KEGIATAN POSYANDU REMAJA DI DESA ALASANGKER

Alasangker
Dipublikasi pada 08 August 2023

Deskripsi

Posyandu remaja adalah kegiatan berbasis kesehatan yang diperuntukkan khusus untuk remaja. Rabu, 09 Agustus 2023 bertempat di Ruang Rapat Kantor Perbekel Desa Alasangker. Puskesmas Buleleng III melaksanakan kegiatan posyandu remaja di Desa Alasangker.

Kegiatan ini dikoordinir langsung oleh Tim dari Puskesmas Buleleng III yang dihadiri oleh Perbekel Desa Alasangker beserta Perangkat Desa, Kelian Banjar Dinas se Alasangker, PLKB, KPM dan Perwakilan Remaja Desa Alasangker.

Dalam kesempatannya Perbekel Desa Alasangker menyampaikan Kegiatan ini akan membahas mengenai kesehatan fisik dan mental dengan tujuan membantu perkembangan remaja. Remaja merupakan masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Masa remaja sering disebut masa terlabil, di mana seorang anak berusaha mencari jati dirinya. Dalam fase ini, mereka akan melakukan penyesuaian dengan lawan jenis, perubahan pola perilaku, dan sosialisasi dengan lingkungan sekitar. Saat memasuki masa remaja, seseorang akan cenderung memisahkan diri dari keluarga. Oleh karena itu, perlu ada pendampingan dan pembinaan agar remaja tidak terjerumus pada hal negatif yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain di sekitarnya.

Puskesmas Buleleng III menyampaikan posyandu remaja juga menyediakan pelayanan kesehatan, termasuk pemberian informasi kesehatan maupun informasi penting lainnya kepada remaja. selanjutnya dilaksanakan penyuluhan HIV/AIDS, Narkoba dan kesehatan Reproduksi remaja. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya previtif dalam memerangi kasus HIV/AIDS. Upaya pencegahan penularan HIV antara lain :

1. Tidak melakukan hubungan seks bebas

2. Selalu menggunakan kondom saat melakukan  hubungan seks berisiko

3. Jauhi penyalahgunaan narkoba, terutama narkoba suntik

4. Selalu mengikuti perkembangan informasi tentang HIV/AIDS.

Pentingnya peran orang tua sebagai salah satu upaya untuk mencegah anak terjerumus kedalam perilaku berisiko yaitu meningkatkan komunikasi dan lebih dekat dengan sang anak.

Sesi Kegiatan Reproduksi

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan