MUSYAWARAH DESA TAHUN 2023 DI DESA ALASANGKER

Alasangker
Dipublikasi pada 27 August 2023

Deskripsi

Senin, 28 Agustus 2023 bertempat di Kantor Perbekel Desa Alasangker. Perbekel Desa Alasangker bersama Badan Permusyawaratan Desa Alasangker melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbang) tahun 2023.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Perbekel Desa Alasangker bersama BPD yang dihadiri pula oleh Bapak Camat Buleleng I Made Dwi Adnyana,S. beserta Kasi Pembangunan dan  Tim, LPM, Ketua PHDI, Kelian Banjar Dinas se Alasangker, Pengurus PKK Desa Alasangker, Pengurus Karang Taruna, Kelian Subak, Ketua Bumdes, Danton Linmas, Pendamping Desa, Pendamping Desa se Wilayah Desa Alasangker, Kader KPM, Kepala Sekolah SMPN 7 Singaraja, SDN No:1,2,3 Alasangker, Babinsa serta Babinkamtibmas.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta pembacaan doa. Dalam musyawarah desa materi yang dibahas mengenai bidang pendidikan, bidang infrastruktur, bidang sosial budaya dan bidang umum.

Dalam sambutannya Perbekel Desa Alasangker menyampaikan agar lebih berkosentrasi memajukan Desa kita seperti mengedepankan UMKM. Mengenai jembatan yang ada di Pendem dan jembatan yang terhubung dengan Desa Petandakan semoga cepat terealisasi. Beliau juga menekankan kepada tokoh-tokoh masyarakat agar lebih menjaga kesetabilan dan keamanan dimasing-masing Dusun yang ada di Desa Alasangker.

Bapak Camat Buleleng  I Made Dwi Adnyanan,S. menyampaikan akan menjawab semua permasalah masalah yang ada di Desa Alasangker. Untuk usulan atau permasalahan tersebut akan diusulkan ketingkat Kabupaten. Usulan yang diutamakan yaitu masalah pertanian karena pertanian sebagai penunjang disemua sektor. Di tahun 2024 Desa Alasangker ditunjuk untuk mengikuti kegiatan lomba desa secara administrasi ditingkat Kecamatan Buleleng  dan akan diadakan pembinaan diakhir bulan September.

Materi yang dibahas dalam musyawarah ini :

1. Bidang pendidikan, 2. Bidang Insfrastruktur, 3. Bidang sosial budaya, 4. Bidang Umum.   Setelah dilakukan pembahasan dan diskusi terhadap materi selanjutnya peserta musrenbang Desa menyutujui serta memutuskan usulan-usulan kepada Pemerintah supradesa. Hal yang berketepatan menjadi keputusan akhir dari musrenbang Desa diantaranya :

Bidang Perekonomian dan Infrastruktur yaitu:

1. Pembangunan jembatan Dusun Pendem Desa Alasangker

2. Pembangunan drainase/got dan trotoar jalan kabupaten

3. Pembangunan TPS 3R Skala Desa Alasangker

Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia (KPM)

1. Pelatihan dan pembinaan pengelolaan sampah

2. Pelatian seni tabuh,tari,pesantian dan kegiatan Pemuda dan Olahraga

3. Bantuan untuk anak yatim piatu, anak terlantar dan lansia.

Delegasi yang akan mewakili Desa di musrenbang tingkat kecamatan

1. Perbekel Alasangker          : I Wayan Sitama

2. Kasi Perencanaan               : Made Budiastawa

3. Anggota BPD                       : Putu Suketana

4. Ketua LPM                          : I Ketut Putrayasa

5. Sekretaris PKK                     : Ketut Sariani

6. Ketua Karang Taruna         : Dila Sasmita

Keputusan diambil secara musyawarah mufakat dengan dilampiri berita acara.

Sesi Kegiatan Lainnya

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan