PERTEMUAN KETAHANAN KELUARGA BERBASIS KELOMPOK KEGIATAN DI DESA ALASANGKER

Alasangker
Dipublikasi pada 12 October 2023

Deskripsi

Dalam rangka Memberikan Informasi, Pemahaman dan Keterampilan kepada Masyarakat dalam upaya Meningkatkan Partisiapasi Keluarga atau Anggota Keluarga yang merupakan sasaran Program Bangga Kencana. Jumat 13 Oktober 2023 bertempat di Kantor Perbekel Desa Alasangker. DP2KBP3A Kabupaten Buleleng melaksanakan Pertemuan Ketahanan Keluarga Berbasis Kelompok Kegiatan di Kampung Keluarga Berkualitas di Desa Alasangker.

Kegiatan ini koordinir langsung melalui sambutan dan arahan Perbekel Desa Alasangker dan Kepala Bidang Pengendalian Penduduk, Penyuluh dan Penggerakan didampingi Pejabat Substansional Dinas P2KBP3A Kabupaten Buleleng bersama PPKBD/Sub. PPKBD, turut menghadirkan orang tua yang mempunyai remaja usia 10-24 tahun yang belum kawin dan Remaja dengan usia 10-24 tahun yang belum menikah.

Dalam sambutannya Perbekel Desa Alasangker menyampaikan bahwa rencana dan persiapan adalah kunci kesuksesan. Ini juga berlaku dalam membangun sebuah keluarga. Keluarga yang bahagia dan berkualitas sebenarnya bukan dimulai saat kita akan menikah, namun harus direncanakan jauh sebelumnya, yakni di masa remaja. Oleh karena itu perlu menyusun rencana kehidupan berkeluarga sehingga kelak bisa menjadi orang tua yang hebat, yang dapat memenuhi kebutuhan jasmani, rohani, dan sosial anggota keluarganya.

Selanjutnya pemaparan materi oleh PKB/PLKB dengan Tema ” Penyiapan Perencanaan Kehidupan Berkeluarga dan Generasi Berkualitas Bagi Remaja” berikut Ada 4 langkah perencanaan keluarga yang harus dilakukan sejak remaja. Pada proses perencanaan ini yaitu  : 1. Merencanakan Usia Pernikahan,  2. Hubungan Sosial yang Harmonis, 3. Merencanakan menjadi orang tua yang sehat, 4. Merencanakan keluarga berkualitas. Tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk menambah informasi terkait penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja sangat penting dilakukan, agar wawasan mereka tentang generasi berencana bertambah dan sikap kritis  juga mampu menghadapi tantangan globalisasi. Selain itu PIK remaja juga mempunyai peran dalam upaya pengendalian penduduk dengan mencegah pernikahan usia dini.

Sesi Kegiatan Pendidikan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan