Pertemuan Kelompok Kerja Kampung Keluarga Berkualitas

Desa Menyali
Dipublikasi pada 20 July 2023

Deskripsi

(Jumat, 21 Juli 2023). Bertempat di Kantor Perbekel Desa Menyali, Kecamatan Sawan, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Buleleng melaksanakan Pertemuan Pokja Kampung Keluarga Berkualitas (KB). Kegiatan dimulai pada pukul 10.00 wita dan awali dengan senam sehat anti setruk.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas P2KBP3A Kabupaten Buleleng, yang dihadiri oleh peserta sebanyak 21 orang yang terdiri dari unsur Pokja Kampung Keluarga Berkualitas, Perbekel yang diwakili oleh Kasi Pemerintahan, Penyuluh KB (PKB)/PLKB, PPKBD dan Sub. PPKBD, Kader Kelompok Kegiatan (Poktan), Pengurus Rumah Data Kependudukan (Rumah Dataku) dan Pengelola Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT). 

Dilanjutkan Materi dari IR. Ida Ayu Putu Gayatri dari Dinas PPKBPP-PA Kabupaten Buleleng yang menjelaskan tentang ciri-ciri keluarga berkualitas dengan Adi, setara, seimbang dan berkelanjutan, strategi pengarutaan GANDER (PUG) Dan Gander adalah konsep yang mengacu ketika melihat masyarakat itu terdiri dari perempuan dan laki-laki, anak perempuan dan anak laki-laki, lansia, berkebutuhan khusus, yang daerah tertinggal, perbatsan, terluar, perdesaan, perkotaan. Dalam meningkatkan capaian program masing-masing seksi di Kelompok Kerja Kampung KB (Pokja Kampung KB), dengan dilaksanakan kegiatan pembinaan penyusunan rencana kerja masyarakat (RKM) dari masing-masing seksi Pokja Kampung KB serta guna tercapainnya tujuan terbentuknya Kampung keluarga Berkualitas (Kampung KB) yaitu meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat melalui keterpaduan Program Pembangunan Keluarga.

Sejak dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 2016 sampai saat ini 2023, 7 Tahun Kampung KB terus tumbuh pesat. Semangat membentuk dan mendirikan Kampung KB di seluruh Nusantara telah menghasilkan ratusan Kampung KB. Kampung KB juga merupakan wujud dari pelaksanaan agenda prioritas pembangunan Nawacita ke 3 dan 5. Nawacita ketiga yaitu yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan. Nawacita kelima yaitu meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Kegiatan selesai pada pukul 12.30 wita.

Sesi Kegiatan Perlindungan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan