Kegiatann KIE, Pementasa Bodnres, Tema Peran Remaja dalam Pencegahan Stunting melalui Aplikasi Elsimil (Elektronik Siap Nikah dan Hamil)

Desa Lokapaksa
Dipublikasi pada 14 December 2022

Deskripsi

Rabu, 14 Desember 2022 | Waktu 10.00 WITA - Selesai. Bertempat di Gedung Serba Guna Desa Lokapaksa, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Buleleng menyelenggarakan kegiatan Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) Kreatif Program Bangga Kencana melalui Media Tradisional Bondres Inovatif Berencana Itu Keren dengan tema “Peran Remaja dalam Pencegahan Stunting melalui Aplikasi Elsimil (Elektronik Siap Nikah dan Hamil) di Kabupaten Buleleng". KIE Kreatif ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pemahaman dan pengetahuan remaja yang tergabung dalam kelompok Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) mengenai pencegahan Stunting dan pernikahan dini serta menyebarluaskan Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga kencana) di kalangan masyarakat remaja Kabupaten Buleleng khususnya pada kesempatan ini dihadiri siswa-siswi SMP N 4 Seririt, dimana pada program ini Dinas P2KBP3A Kabupaten Buleleng bersama Susik Bondres Buleleng akan memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya remaja untuk berencana demi masa depan dan keluarga yang berkualitas kelak.

Adapun materi yang disosialisasikan pada kegiatan ini meliputi 6 langkah bangun keluarga sehat, fakta penting seputar Stunting baik dampak dari Stunting dan tips bagaimana cara mencegah Stunting melalui penerapan serta pemanfaatan Aplikasi Elsimil (Elektronik Siap Nikah dan Hamil). Program ini menampilkan aksi kocak dari Susik Bondres Buleleng untuk menghibur masyarakat setempat, disela-sela sosialisasi juga menampilkan penampilan menghibur dari koor guru dan siswa-siswi SMP N 4 Seririt serta penampilan tari joged Bali.

Tidak hanya itu saja, kegiatan ini juga mengajak partisipasi siswa-siswi yang menonton langsung dalam menjawab pertanyaan dan diberikan hadiah menarik yang harapannya lebih efektif mengedukasi masyarakat dalam pembentukan keluarga berkualitas.

Dengan dilaksanakannya Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) program ini diharapkan dapat lebih efektif mengedukasi masyarakat secara langsung untuk membangun keluarga berkualitas bebas Stunting, agar nantinya kekerasan terhadap perempuan dan anak dapat dicegah. Program yang sedang digalakkan dengan melibatkan masyarakat umum ini adalah sebagai langkah dalam mewujudkan generasi emas ditahun 2045. Dimana, kegiatan ini sudah empat kali mengikutsertakan kesenian tradisional.

Kegiatan ini dihadiri oleh pengunjung/masyarakat Desa Lokapaksa pada khususnya siswa-siswi SMP N 4 Seririt beserta bapak/ibu guru pengajar, dimana murid siswa-siswi dan masyarakat pun cukup antusias terhadap program ini serta pada kesempatan ini turut dihadiri Kepala Dinas P2KBP3A Kabupaten Buleleng dalam memberikan sambutan dan membuka kegiatan yang pada kesempatan ini diwakili Kepala Bidang Pengendalian Penduduk, Penyuluh dan Penggerakan didampingi Pejabat Struktural, Pejabat Substansional staf pegawai dan PKB/PLKB Kecamatan Seririt dalam memeriahkan pelaksanaan kegiatan ini, dimana dengan adanya program ini merupakan salah satu kegiatan untuk mensosialisasikan program Dinas P2KBP3A Kabupaten Buleleng serta melalui program Bangga Kencana, masyarakat lebih mudah menerima kegiatan KIE dan dapat mengetahui pesan yang disampaikan. Sehingga, pemahaman mengenai keluarga berkualitas dapat efektif diimplementasikan.

Sesi Kegiatan Pendidikan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan