PERTEMUAN KELOMPOK KERJA KAMPUNG KELURGA BERKUALITAS DALAM RANGKA PENYUSUANA RENCANA KERJA MASYARAKAT

Desa Kaliasem
Dipublikasi pada 15 June 2023

Deskripsi

Kegiatan ini terlaksanan dengan antusias peserta cukup baik.Pada hari ini Jumat tanggal Enam Belas Juni Dua Ribu Dua Puluh Tiga ( 16\6\2023 ) bertempat di ruang pertemuan Kantor Perbekel Desa Kaliasem Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Buleleng melaksanakan Pertemuan Kelompok Kerja ( Pokja ) Kampung Keluarga Berkualiatas. Dalam rangka meningkatkan capain Program masing-masing seksi di Kelompok Kerja Kampung Keluarga Berkualitas. Dengan dilaksanakannya kegiatan pembinaan penyusunan Rencana Kerja Masyarakat ( RKM ) dari masing-masing Pokja Kampung Keluarga Berkualitas. Secara khusus kegitan ini bertujuan tersusunya Rencana Kerja Masyarakat ( RKM ) di Kampung Keluarga Berkualitas Desa Kaliasem yang di akomodir dari usulan-usulan masing-masing Pokja yang mewakili masyarakat di Kampung Keluarga Berkualitas dan secara umum bertujuan sesuai dengan terbentuknya Kampung Keluaga Berkualitas yaitu meningkatkan kualitas hidup Masyarakat melalui keterpaduan Program Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana ( Bangga Kencana)  dengan Program Steak Holder terkait. yang dimulai pukul 10.00 Wita. , dengan jumlah peserta undangan 21 orang terdiri dari unsur : Pokja kampung Kelurga Berkualitas, PKB/ PLKB, Kader kelompok Kegitan ( Poktan ) PPKBD dan Sub PPKBD, Pengurus Rumah Data Kependudukan dan  Pengelola Dapur Sehat Atasi Stunting ( DASHAT ) dan 4 orang tim dari Kabupaten ( Laki laki 13 orang dan Perempuan 12 orang ). Pembukaan oleh Kaur Perencanaan Desa Kaliasem ( Nyoman Pasek Sukamara ). Sambutan  saya sendiri selaku tim Pembina dari Kabupaten Dinas P2KBP3A Kab. Buleleng ( Made Serina, S.Kom ) sekaligus menyampaikan materi yaitu Penguatan Pengelolaan Kampung Kelurga Berkualitas terdiri dari :

1.     Pengertian Kampung Keluarga Berkulitas.

2.     Mengenali dan Menganalisis Konsep Kampung Keluarga Berkualitas.

3.     Memahami dan menyajikan konsep rencana aksi Kampung Keluarga Berkuaitas.

4.     Memahami dan mempasilitasi rencana aksi kampung Kelurga Berkualitas.

5.     Mengingatkan Kembali Tugas dan Fungsi di masing- masing Pokja Kampung Keluarga Berkulitas.  

Fungsional KKB ( Kadek Sri Kusumawati, S.ST) menyampaikan materi :

1.     Tahap pengelolaan Kampung Keluarag Berkualitas yang terdiri dari 3 tahapan.

2.     Peran PKB/PLKB pada tahan penyusunan rencana kerja masyarakat ( RKM ).

3.     Alur Persiapan penyusuna rencana kerja masyarakat ( RKM ).

4.     Alat perencanaan kampung Kelurga Berkualitas yang terdiri dari 2 tahapan.

Staf Dalduk ( Gede Endi Mardana Yasa) menyapaikan materi :

1.     Format rencana kerja masyarakat ( RKM ),

2.     Menjelaskan contoh rencana kerja masyarakat ( RKM ) Desa Penarungan Tahun 2023

3.     Cara Update RKM di aplikasi Kampung Keluarga Berkualitas

4.     Evaluasi hasil laporan intervensi ( kegitan-kegiatan ) dan laporan perkembangan Kampung Keluarga Berkualitas Desa Kaliasem di aplikasi Kampung Keluraga Berkualitas.

Adapun hasil yang di harapkan dari kegiatan ini adalah tersusunya Program rutin di Rencana Kerja Masyarakat  ( RKM ) yang akan laksanakan di Desa dan penerapan 8 fungsi Keluarga supaya membantu keluarga lebih bahagia dan sejahtera, terbebas dari kemiskinan dan stunting. Adapun kegiatan yang tersusun dalam RKM Desa Kaliasem yaitu di Pokja Sosial Budaya Peringatan Bulan Bahasa, Pokja Lingkungan Gotong Royong 1 Bulan 2 kali, Pokja Kasih Sayang Posyandu.

Pertemuan ditutup oleh Kaur Perencanaan Desa Kaliasem pada Pukul 12.30 Wita. Sebelum pulang peserta di berikan nasi kotak dan uang transport.

Sesi Kegiatan Pendidikan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan