TIM PENDAMPING KELUARGA

Kelurahan Loloan Timur
Dipublikasi pada 30 November 2022

Deskripsi

Upaya percepatan penurunan stunting bukan semata tugas pemerintah. Upaya yang sama bisa dilakukan masyarakat. Salah satunya melalui optimalisasi pemanfaatan kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) yang sudah sejak awal menjadi ruang partisipasi masyarakat dalam pembangunan secara nyata.


Keberadaan tim pendamping keluarga (TPK) Insya Allah bisa membantu upaya kita bersama dalam Penurunan Stunting di Sekitar kita.

TPK adalah Ujung Tombak yg merupakan sebuah tim gabungan lini lapangan yang terdiri atas bidan, kader keluarga berencana (KB), dan kader Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Nah, kader KB maupun kader PKK dan bidan sudah terbiasa berkolaborasi melaksanakan kegiatan di kampung KB.


Peran serta TPK keren dan DASHAT Lo..

Kami bertugas memberikan pemahaman dalam persiapan menikah untuk menghindari stunting. Misalnya, jika lingkar lengan atasnya kurang dari 23,5 persen itu kemungkinan anaknya stunting lebih tinggi. Persiapan juga mulai perbaikan gizi. Kemudian sejak remaja sudah mulai diberikan tablet tambah darah (TTD) sebagai upaya nanti pada saat hamil supaya tidak terjadi anemia yang bisa menyebabkan BBLR (berat bayi lahir rendah). Dengan BBLR, kemungkinan stunting jadi besar.


Dan jg ibu hamil diberikan penyuluhan untuk memeriksakan diri secara teratur, memperhatikan asupan gizi secara baik, dan seterusnya. Ibu bersalin dan ibu nifas juga menjadi binaan kita dll.


Semangat Kader TPK TIM 2 Loloan Timur


Berencana itu keren

Sesi Kegiatan Perlindungan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan