POSYANDU DAN PNYULUHAN STUNTING

Desa Batukandik
Dipublikasi pada 23 July 2023

Deskripsi

Telah dilaksanakan kegiatan POSYANDU yang rutin dilaksanakan setiap Bulan .bertempat di Dusun Antapan Desa Batukandik .kegiatan yang dilaksanakan  :

1. Penimbangan Balita: Penimbangan balita dilakukan tiap bulan di posyandu. Penimbangan secara rutin di posyandu untuk pemantauan pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita. Dari penimbangan yang kemudian dicatat di KMS, dari data tersebut dapat diketahui status pertumbuhan balita, apabila penyelenggaraan posyandu baik maka upaya untuk pemenuhan dasar pertumbuhan anak akan baik pula.

KMS adalah kartu untuk mencatat dan memantau pekembangan balita dengan melihat garis pertumbuhan berat badan anak dari bulan ke bulan. Pada KMS dapat diketahui status pertumbuhan anaknya.

2. Imunisasi 
Di posyandu balita akan mendapatkan layanan imunisasi. 
Macam imunisasi yang diberikan di posyandu adalah 
- BCG untuk mencegah penyakit TBC.
- DPT untuk mencegah penyakit difteri, pertusis (batuk rejan), tetanus.
- Polio untuk mencegah penyakit kelumpuhan.
- Hepatitis B untuk mencegah penyakit hepatitis B (penyakit kuning).

3. Peningkatan Gizi 
Dengan adanya posyandu yang sasaran utamanya bayi dan balita, sangat tepat untuk meningkatkan gizi balita. Peningkatan gizi balita di posyandu yang dilakukan oleh kader berupa memberikan penyuluhan tentang ASI, status gizi balita, MPASI, Imunisasi, Vitamin A, stimulasi tumbuh kembang anak, diare pada balita.

4.Penyuluhan tentang Stunting Oleh PKB Pembina Desa Batukandik dan dari UPT Puskesmas Nusa Penida III





Sesi Kegiatan Perlindungan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan