BURGER UBI DAN CENDOL IKAN DI DAPUR DASHAT KAMPUNG KB KAMPUNG TUA BAGAN TANJUNG PIAYU

KAMPUNG KB TANJUNG PIAYU
Dipublikasi pada 29 May 2022

Deskripsi

Kampung KB Kampung Tua Bagan Kelurahan Tanjung Piayu Kecamatan Sei Beduk Kota Batam  meluncurkan Dapur Sehat Sehat Atasi Stunting (DAHSAT) pada hari Senin, 30 Mei 2022 dengan menu yang cukup unik yakni  berupa burger ubi dan cendol ikan. 

Kegiatann peluncuran menu yang menggunakan bahan-bahan kearifan lokal di Kota Batam ini juga disejalankan dengan kegiatan diskusi   yang bertajuk Fasilitasi Diskusi Asik Pendidikan Kependudukan (DAKDIKDUK)  diadakan oleh Perwakilan BKKBN Provinsi Kepulauan Riau bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana  (DP3APPKB) Kota Batam dan tentu saja atas dukungan Kecamatan Sei Beduk yang merupakan salah satu lokus Kampung KB yakni Kampung Tua Bagan Tanjung Piayu. 

Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui zoom yang menghadirkan Narasumber dari BKKBN Pusat. sedangkan secara luring kegiatan ini juga melaksanakan beragam kegiatan salah satunya tentang stunting yang memang saat ini sedang menjadi perhatian utama pemerintah pusat dan juga daerah. 

Diskusi DAKDIKDUK ini dihadiri langsung oleh Ketua Percepatan Penurunan Stunting Kota Batam, Bapak Amsakar Achmad yang juga merupakan Wakil Walikota Batam, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemko Batam, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kepulauan Riau, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana  (DP3APPKB) Kota Batam, Camat Sei Beduk, semua Lurah di wilayah kerja Kecamatan Sei Beduk.  kepada peserta yang hadir yakni ibu hamil, ibu yang memiliki anak bawah dua tahun, calon pengantin, Tim Pendamping Keluarga (TPK) Stunting dan kader kelompok kerja Kampung KB, diberikan materi tentang stunting dan cara pencegahannya. 

Sedangkan untuk menu DASHAT yang berupa di Burger Ubi dan Cendol Ikan diolah dan masak langsung di lokasi kegiatan. Inovasi menu ini berbahan dasar ikan ini sengaja diciptakan oleh kader kelompok kerja Kampung KB Kampung Tua Bagan Tanjung Piayu, sebagai salah satu solusi bagi orang tua untuk anaknya yang tidak terlalu suka makan ikan. Selain itu ikan juga merupakan hasil kekayaan alam laut di Kota Batam yang cukup melimpah. Sehingga untuk mendapatkannya tidak lah sulit. 

Selain Diskusi Asik Pendidikan dan Kependudukan dan demo masak menu DASHAT, juga diberikan vitamin penambah darah kepada calon pengantin, ibu hamil dan ibu menyusui oleh Puskesmas Sei Pancur. 

Setelah mengikuti kegiatan ini peserta menjadi tahu apa itu stunting, cara penanganan.  dan juga dapat pengetahuan tentang cara mengolah ikan dalam bentuk lain. 

Sesi Kegiatan Sosial Budaya

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan