Rembuk Stanting

KAMPUNG KB DUSUN DAPIT
Dipublikasi pada 12 February 2023

Deskripsi

Stunting adalah kekurangan gizi pada bayi di 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) yang berlangsung lama dan menyebabkan terhambatnya perkembangan otak dan tumbuh kembang anak.

Kegiatan ini bertujuan untuk  meningkatkan pengetahuan peserta tentang Stunting dan penyebab gejalanya, meningkatkan pengetahuan peserta tentang resiko tinggi dan pengenalan tanda kelahiran pada kehamilan. Stunting sendiri sebenarnya merupakan keadaan berhentinya pertumbuhan pada anak, yang dihadiri oleh camat, kades, tenaga gizi, kepala puskesmas, bidan, kader dan masyarakat.

Setelah mengikuti kegiatan ini peserta menjadi lebih meningkat pengetahuanya akan perlu memperhatikan tumbuh  kembang balita guna pencegahan stunting.

Pencegahan stunting terbaik sebaiknya dilakukan pada masa awal kehamilan. Orang tua disarankan untuk mulai menerapkan pola makan seimbang dan gaya hidup sehat sedini mungkin. Dari awal masa kehamilan, pencegahan stunting dapat dilakukan dengan meningkatkan asupan zat besi dan asam folat untuk ibu.

Kegiatan ini terlaksana dikarenakan usaha yang dilakukan oleh penyuluh  kb dan kader, tim stunting dalam mengadvokasi/membuat proposal/mengajak masyarakat.

Kegiatan ini terlaksanan dengan antusias peserta cukup baik.

Sesi Kegiatan Kasih Sayang

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan