ketahanan keluarga berbasis tribina

Dusun I Pian Padang
Dipublikasi pada 10 August 2020

Deskripsi

Kegiatan Ketahanan keluarga berbasis tribina yang dilaksanakan pada :
Hari : Senin
Tanggal : 10 Agustus 2020
Jam : 08.30 wib s/d selesai
Tempat : Aula Kantor Desa Cemaga Selatan Kecamatan Bunguran Selatan
Peserta : 30 (Tiga Puluh) orang
Narasumber : Dr.Mona O.Z.Djafar,Sp.PA
Materi yang disampaikan pada Ketahanan Keluarga Berbasis Tribina kali ini yaitu membahas mengenai Ketahanan Keluarga Remaja yang di sampaikan oleh narasumber Dr.Mona O.Z.Djafar,Sp.PA.
Keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat yang terdiri dari suami dan istri, atau suami istri dan anaknya atau ayah dan anaknya, atau ibu dan anaknya, dan juga merupakan orang yang bekerja membantu rumah tangga dan menetap dalam rumah tersebut. Orang-orang yang mempunyai hubungan keluarga yaitu :
- Hubungan darah
- Perkawinan
- Persusuan
- Pengasuhan
- perwalian yang menetap dalam rumah tangga
Ketahanan keluarga merupakan unit dasar masyarakat yang berperan penting dalam menghasilkan SDM yang berkualitas dan juga merupakan kapasitas keluarga mempunyai keberfungian dan keberlangsungan masyarakat.
Bina keluarga remaja (BKR) merupakan kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok keluarga/orang tua untuk meningkatkan bimbingan/pembinaan tumbuh kembang remaja secara baik dan terarah dalam rangka membangun keluarga yang berkualitas. Bina Keluarga Remaja (BKR) merupakan wadah kegiatan keluarga yang mempunyai anak remaja.
Remaja adalah mereka yang pada tahap transisi antara masa anak-anak dan dewasa. Menurut WHO usia remaja yaitu 12 sampai dengan 24 tahun, sedangkan menurut Kementrian Kesehatan RI tahun 2010 usia pada remaja berkisar antara 10 sampai dengan 19 tahun dan belum menikah.
Tujuan Bina Keluarga Remaja (BKR) yaitu untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orang tua (Ayah dan Ibu) untuk membina tumbuh kembang anak remaja dalam rangka meningkatkan kesertaan, pembinaan dan kemandirian ber-KB bagi anggota kelompok.

Sesi Kegiatan Keagamaan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan