KEGIATAN PELATIHAN USAHA EKONOMI MELALUI KELOMPOK UPPKS DI KAMPUNG KB (hari 2)
Deskripsi
Hasil Kegiatan :
1. Materi
dari Ibu Mua’rifatul Jannah tentang Pelatihan Pembuatan Keripik Pisang Coklat
Pada pembuatan keripik
Pisang coklat, bahan yang digunakan adalah pisang 1 kg (yang sudah tua tapi
belum masak), gula halus 100 gr, coklat bubuk 25 gr, tepung maizena 25 gr, air
garam, dan
minyak goreng
secukupnya.
Cara pembuatannya
adalah pertama, kupas pisang, iris pisang tipis-tipis lalu rendam dalam air
garam. Kemudian, goreng irisan pisang dalam minyak panas hingga matang, angkat
dan tiriskan. Untuk membuat serbuk coklatnya, campurkan gula halus, coklat
bubuk, tepung maizena hingga rata kemudian sangrai (goreng tanpa minyak) aduk
hingga rata, angkat dan dinginkan. Masukkan serbuk coklat yang telah dingin
pada toples atau plastik lalu masukkan ke pisang yang telah dingin, kemudian
kocok hingga rata. Terakhir, keripik pisang rasa coklat siap dikemas.
2. Materi
dari Moh. Bagus Fahmi, ST tentang Branding dan Digitalisasi Bisnis
Branding merupakan
nama, istilah, tanda, simbol, rancangan atau kombinasi dari semuanya yang
dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang atau jasa atau kelompok penjual
dengan untuk membedakannya dari barang atau jasa pesaing (Kotler, 2009).
Tahap Branding:
tentukan targetnya, focus brand terletak pada apa, tentukan nama bisnis,
tentukan slogan, tentukan gaya brand
(warna, model tulisan), desain logo,
terus berinovasi dan evaluasi.
Tujuan Branding adalah
untuk meninggalkan kesan yang baik di masyarakat dan mudah diingat, sebagai
pembeda dgn produk lain, memiliki kesan yang kuat.
Logo atau corporate
identity atau brand identity adalah sebuah tanda yang secara langsung tidak
menjual, tetapi memberi suatu identitas yang pada akhirnya sebagai alat
pemasaran yang signifikan, bahwa logo mampu membantu membedakan suatu produk
atau jasa dari kompetitornya.
Digital
Bisnis adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah produk dengan menggunakan
media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan
relevan. Bisnis secara digital dapat memberikan jaringan pasar yang luas dengan biaya yang murah dan strategi yang
efektif.