KEGIATAN PELATIHAN USAHA EKONOMI MELALUI KELOMPOK UPPKS DI KAMPUNG KB (hari 2)

Kampung KB Desa Wringinsongo Kecamatan Tumpang
Dipublikasi pada 06 October 2021

Deskripsi

Hasil Kegiatan      :

1.      Materi dari Ibu Mua’rifatul Jannah tentang Pelatihan Pembuatan Keripik Pisang Coklat

Pada pembuatan keripik Pisang coklat, bahan yang digunakan adalah pisang 1 kg (yang sudah tua tapi belum masak), gula halus 100 gr, coklat bubuk 25 gr, tepung maizena 25 gr, air garam, dan

minyak goreng secukupnya.

Cara pembuatannya adalah pertama, kupas pisang, iris pisang tipis-tipis lalu rendam dalam air garam. Kemudian, goreng irisan pisang dalam minyak panas hingga matang, angkat dan tiriskan. Untuk membuat serbuk coklatnya, campurkan gula halus, coklat bubuk, tepung maizena hingga rata kemudian sangrai (goreng tanpa minyak) aduk hingga rata, angkat dan dinginkan. Masukkan serbuk coklat yang telah dingin pada toples atau plastik lalu masukkan ke pisang yang telah dingin, kemudian kocok hingga rata. Terakhir, keripik pisang rasa coklat siap dikemas.

 

2.      Materi dari Moh. Bagus Fahmi, ST tentang Branding dan Digitalisasi Bisnis

Branding merupakan nama, istilah, tanda, simbol, rancangan atau kombinasi dari semuanya yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang atau jasa atau kelompok penjual dengan untuk membedakannya dari barang atau jasa pesaing (Kotler, 2009).

Tahap Branding: tentukan targetnya, focus brand terletak pada apa, tentukan nama bisnis, tentukan slogan,  tentukan gaya brand (warna, model tulisan),  desain logo, terus berinovasi dan evaluasi.

Tujuan Branding adalah untuk meninggalkan kesan yang baik di masyarakat dan mudah diingat, sebagai pembeda dgn produk lain, memiliki kesan yang kuat.

Logo atau corporate identity atau brand identity adalah sebuah tanda yang secara langsung tidak menjual, tetapi memberi suatu identitas yang pada akhirnya sebagai alat pemasaran yang signifikan, bahwa logo mampu membantu membedakan suatu produk atau jasa dari kompetitornya.

Digital Bisnis adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah produk dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan. Bisnis secara digital dapat memberikan jaringan pasar yang luas  dengan biaya yang murah dan strategi yang efektif.

Sesi Kegiatan Ekonomi

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan