PERTEMUAN LOKAKARYA MINI LINTAS SEKTOR TINGKAT KELURAHAN DI KAMPUNG KB MAKU SONYINGA

MAKU SONYINGA
Dipublikasi pada 27 February 2018

Deskripsi

Materi : Pemaparan Program Kerja Pokja Kampung KB Maku So Nyinga
Peserta : Kabid Pengendalian Penduduk DPPKB Kota Ternate,Kasie Pelayanan Umum Kecamatan Kota Ternate Selatan, Dosen Poltekkes Kemenkes Ternate Prodi D IV Kebidanan, Lurah Bastiong Karance, Pengurus Pokja Kampung KB dan Kepala UPT serta PKB Sekecamatan Kota Ternate Selatan
I. Pembukaan
• Kepala UPT PP dan KB Kecamatan Kota Ternate Selatan membuka pertemuan dengan menjelaskan maksud dan tujuan dari pertemuan Lokakarya Mini di Kampung KB adalah untuk memaparkan program kerja yang telah disusun oleh Pokja Kampung KB Maku So Nyinga Kelurahan Bastiong Karance.
II. Isi / Pembahasan
• Kepala UPT PP dan KB Kecamatan Kota Ternate Selatan mempersilahkan kepada Ketua Pokja Kampung KB Maku So Nyinga untuk memaparkan Program kerja yang telah disusun pada pertemuan pokja kampung KB sebelumnya.
• Ketua Pokja Kampung KB menjelaskan terlebih dahulu mengenai Kampung KB terkait dengan Pengertian, tujuan, sasaran penggarapan, pelaksana, dan kegiatan yang telah dilaksanakan di kampung KB.
• Kemudian Ketua Pokja Kampung KB juga memaparkan Program Kerja yang telah disusun per masing-masing seksi sesuai dengan 8 fungsi keluarga, antara lain :
1. Seksi keagamaan : Pelatihan bagi para remaja terkait perawatan
  jenazah
2. Seksi sosialisasi/pendidikan : Peningkatan kapasitas bagi para kader tribina
3. Seksi reproduksi : Pelayanan dan pembinaan peserta KB serta
  sosialisasi tentang kespro kepada masyarakat
4. Seksi ekonomi : Mempromosikan potensi yang dimiliki warga
  Dan mengusahakan dukungan dari pemerintah
5. Seksi perlindungan : Menggerakkan masyarakat agar sadar tentang
pentingnya KIA, Akte Kelahiran, serta sosialisasi tentang bahaya NAPZA, KDRT dan mengusahakan tentang Perlindungan anak di pemerintah yang lebih di atas
6. Seksi kasih saying : Bakti sosial kampung Kb
  (Bank Darah Kampung KB)
7. Seksi sosial budaya : Festival budaya, lomba tarian, sunatan masal
8. Seksi pemb. Lingkungan : Sosialisasi dan penataan kampung KB
Semua kegiatan yang ada di atas akan dirangkaikan dalam kegiatan EXPO KAMPUNG KB “MAKU SO NYINGA”.
• Usulan dari dosen Poltekes Kemenkes Ternate agar membuat MOU dengan pihak-pihak terkait dan juga selalu mengajak kerjasama pihak Poltekkes Kemenkes Ternate karena Kelurahan Bastiong Karance juga merupakan wilayah binaan Poltekkes Kemenkes Ternate terkait pembinaan kesehatan reproduksi pada remaja.
• Usulan dari kasie pelayanan umum kecamatan Kota ternate Selatan adalah agar mengupayakan menjadi contoh sebagai kawasan bebas rokok.
III. Penutup
Diakhir pertemuan, Kepala UPT menutup pertemua lokakarya mini di kampung KB dan menyampaikan harapan semoga kegiatan di Kampung KB ini bisa membawa dampak positif bagi masyarakat

Sesi Kegiatan Keagamaan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan

Tidak ada