PERTEMUAN KETAHANAN KELUARGA BERBASIS KELOMPOK KEGIATAN PIK R BASKARA

MAKU SONYINGA
Dipublikasi pada 19 February 2018

Deskripsi

Materi : Sosialisasi Program GenRe dan Kesehatan Reproduksi Bagi Remaja
Peserta : Kepala Seksi Ketahanan Keluarga, Dosen Poltekkes Kemenkes Ternate Prodi D IV Kebidanan, Sekretaris Lurah, PIK Remaja Baskara dan Kepala UPT serta PKB Sekecamatan Kota Ternate Selatan
I. Pembukaan
• PKB Kelurahan Bastiong Karance membuka pertemuan Tribina di Kampung KB dengan menjelaskan maksud dan tujuan dilaksanakannya pertemuan tersebut adalah Sosialisasi mengenai Progran GenRe dan Kesehatan Reproduksi Bagi Remaja.
• Memperkenalkan pemateri yang akan Memberikan Materi yaitu dari Kepala Seksi Ketahanan Keluarga dan Dosen D IV Kebidanan Poltekes Kemenkes Ternate.
II. Isi / Pembahasan
• PKB Kelurahan Bastiong Karance mempersilahkan kepada Sekretaris Lurah untuk memberikan arahan dan dilanjutkan dengan Pemateri untuk menyampaikan materi yang akan diberikan kepada kelompok Pik R Baskara.
• Arahan dari Sekretaris Lurah semoga kegiatan ini bisa berdampak positif bagi para remaja yang ada di Kelurahan Bastiong Karance.
• Kepala Seksi Ketahanan Keluarga memberikan Materi Terkait Program GenRe Bagi para Remaja, tentang Pentingnya pencegahan terhadap menikah Dini, bahaya melakukan seks sebelum menikah dan bahaya penggunaan Napza.
• Mengajak para remaja agar melakukan kegiatan-kegiatan positif serta mengajak teman-teman sebaya dalam melakukan hal baik tersebut, kemudian juga mengingatkan tentang pentingnya pendidikan dalam menghadapi bonus demografi.
• Dosen dari poltekes memberikan materi tentang pentingnya pengetahuan tentang kesehatan reproduksi bagi remaja agar dapat mengantisipasi terjadinya pergaulan bebas yang bisa berdampak luas sehingga merusak generasi bangsa.
• Menjelaskan tentang bahaya seks bebas pada usia yang belum matang serta dampaknya bagi masa depan remaja itu sendiri sehingga para remaja harus lebih berhati-hati dalam melakukan segala tindakannya.
III. Penutup
Diakhir pertemuan, PKB Kelurahan Bastiong Karance menutup Tribina di Kampung KB dan menyampaikan harapan semoga kegiatan di Kampung KB ini bisa membawa dampak positif bagi para remaja khusunya kelompok PIK Remaja Baskara.

Sesi Kegiatan Pendidikan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan