PERTEMUAN KELOMPOK KERJA KAMPUNG KB MAKU SONYINGA

MAKU SONYINGA
Dipublikasi pada 22 February 2018

Deskripsi

PERTEMUAN KELOMPOK KERJA (POKJA) DI KAMPUNG KB

KELURAHAN BASTIONG KARANCE

 

Hari/Tanggal   : Kamis, 22 Februari 2018

Tempat            : Kantor Lurah Kelurahan Bastiong Karance

Waktu             : 10.30 – 12.30 WIT

Materi              : Sosialisasi tentang Pengelolaan Kampung KB

Peserta             : Kabid Pengendalian Penduduk, Kasie Data dan Informasi, Pengurus Poka Kampung KB dan Kepala UPT serta PKB Sekecamatan Kota Ternate Selatan

I.     Pembukaan

·         Kepala UPT PP-KB Kecamatan Kota Ternate Selatan membuka pertemuan Pokja Kampung KB dengan menjelaskan maksud dan tujuan dilaksanakannya pertemuan Pokja Kampung KB adalah untuk Sosialisasi tentang Pengelolaan Kampung KB.

·         Memperkenalkan pemateri yang akan menjelaskan tentang Kampung KB terkait administrasi, Tugas dan Fungsi serta Anggaran yang ada didalamnya.

II.  Isi / Pembahasan

·         Kepala UPT PP-KB mempersilahkan Kepala Kelurahan untuk memberikan sambutan dan arahan terkait kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Kampung KB.

·         Arahan Lurah Bastiong Karance agar semua yang ada didalam struktur kepengurusan Pokja Kampung KB mau bersama untuk bekerja membangun dan mensukseskan program pemerintah melalui Kampung KB serta menepis anggapan bahwa kampung KB hanya berpatokan kepada pencapaian kontrasepsi saja, tetapi arahnya lebih luas ke arah pembangunan segala bidang dan sektor.

·         Arahan dari Kasie Data dan Informasi terkait anggaran Kampung KB yang termuat di dalam anggaran BOKB dibagi rata untuk 8 Kampung KB yang ada di Kota Ternate. Dan semua anggaran itu bersifat kegiatan bukan pembangunan fisik. Adapun kegiatan yang dimaksud adalah Pertemuan Pokja Kampung KB, Forum Musyawarah Kampung KB, Loka Karya Mini Kampung KB, Pertemuan Kelompok Tribina di Kampung KB.

·         Himbauan dari Kasie Data dan Informasi agar Pokja Kampung Kb menyusun Rencana Kerja untuk Tahun 2018 ini minimal satu Kegiatan yang bisa dijadikan acuan untuk berjalannya Kegiatan di Kampung KB.

·         Pemberian materi dari Kabid Pengendalian Penduduk tentang Kampung KB dan system pengelolaannya. Mulai dari pengertian Kampung KB, Tujuan dibentuknya Kampung KB, syarat Kampung KB, serta Struktur Kepengurusan Pokja Kampung KB beserta tugas dan fungsinya masing-masing yang meliputi depalan fungsi Keluarga mulai dari Fungsi Keagamaan, Sosialisasi/Pendidikan, Reproduksi, Ekonomi, Perlindungan, Kasih Sayang, Sosial Budaya dan Pembinaan Lingkungan. Hal tersebut harus berjalan secara beriringan untuk dapat mensukseskan Program Kampung KB.

·         Selain itu Kabid Pengendalian Penduduk juga menghimbau kepada Kepala Kelurahan Bastiong Karance agar menyediakan Rumah Data yang berisi tentang data dasar Kependudukan masyarakat Kelurahan Bastiong Karance agar lebih mudah untuk mengetahui dan menganalisa segala permasalahan yang ada di Kampung KB dengan tujuan agar segera bisa diatasi. Dan data tersebut tidak hanya tentang data KB tapi juga data dari semua sektor seperti delapan fungsi keluarga yang ada di Kepengurusan Pokja Kampung KB.

III.    Penutup

Diakhir pertemuan, Kepala UPT menutup pertemuan Pokja Kampung KB dan menyampaikan harapan semoga kegiatan di Kampung KB ini bisa berproses dengan baik dan mengingatkan untuk tetap datang di pertemuan berikutnya yang akan dilaksanakan di bulan berikutnya.

Sesi Kegiatan Pembinaan Lingkungan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan